Tutorial: Recycle Bin untuk Media Simpan Portabel

Media simpan portabel semacam USB flashdisk atau harddisk eksternal begitu populer di kalangan pengguna komputer. Namun, manajemen berkas dalam media simpan eksternal tersebut berbeda dalam beberapa hal, salah satunya adalah dalam hal penghapusan berkas. Pada media simpan internal atau yang terhubung terus ke komputer, berkas yang dihapus umumnya tidak langsung bener-benar dihapus, melainkan ditempatkan ke dalam Recycle Bin atau Trash.

Lain halnya dengan apa yang terjadi jika pengguna menghapus berkas dari media simpan portabel. Berkas tidak akan masuk ke Recycle Bin atau Trash, namun langsung hilang. Hal ini tentu merepotkan, karena untuk mengembalikan data terhapus tersebut harus menggunakan upaya recovery yang tidak sederhana.

Salah satu solusinya adalah software kecil dan portabel bernama iBin karya Augusto Croppo. Silakan unduh berkas executable iBin yang bersifat freeware ini di alamat www.autohotkey.net. Berikut ini cara penggunaannya:

  1. Ekstrak dahulu berkas hasil unduhan, lalu pindahkan berkas executable iBin ke dalam media simpan portabel (misalnya USB flashdisk).
  2. Hubungkan media simpan portabel ke komputer.
  3. Jalankan berkas executable iBin dalam media simpan portabel dengan klik beruntun. Ibin akan berjalan pada mode background.
  4. Kita atur beberapa konfigurasi iBin dengan klik kanan pada ikon iBin di taskbar Windows, lalu pilih Cutom Options.
  5. Pada kotak dialog iBin Custom Oprions kita dapat mengatur kapasitas tampungan sementara di bagian Space Limit (berdasarkan sisa ruang kosong dalam media simpan portabel), serta mengaktifkan iBin secara otomatis ketika media simpan portabel dihubungkan ke komputer dengan klik tombol Set a Start up command in Autorun.inf. Klik tombol Save untuk menerapkan konfigurasi.
  6. Untuk mengembalikan berkas data yang terhapus, klik kanan ikon iBin di taskbar Windows lalu pilih Dumping Management. Sorot berkas yang akan dikembalikan, lalu klik tombol Recycle Data Selected.
  7. Cobalah melakukan eksplorasi lebih jauh dengan membaca berkas iBin User Guide yang disertakan dalam format PDF.

Semoga artikel ini bermanfaat. (Vincent Bayu Tapa Brata)

 

3 thoughts on “Tutorial: Recycle Bin untuk Media Simpan Portabel

  • 25 March 2012 at 3:00 PM
    Permalink

    Bukankah ini bisa dijadikan sarang virus?
    gimana cara mendisable Recycle Bin pada Removable Media seperti flash drive karena saat terkena virus shortcut, folder Recycle Bin akan ter-create secara otomatis & menjadi sarang virus untuk menyebarkan ke komputer lainnya..

    ada solusinya kah..?

  • 26 March 2012 at 3:11 PM
    Permalink

    Halo kang Didin.
    Memang konsesukensinya virus mas, FD apapun sebenarnya berpotensi kena virus. Salah satu solusinya bisa pakai nama folder dengan kode ascii. Atau pakai AV yang keren mas 🙂

    BTW thansk udah mampir,
    Salam

Leave a Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: