Corat-Coret di PDF dengan Adobe Reader X

Berbeda dengan versi-versi sebelumnya, Adobe Reader X menambahkan kemampuan highlight maupun sticky note. Tentu hal tersebut sangat membantu kita yang mulai senang membaca dan belajar menggunakan e-book. Layaknya di buku fisik (berbahan kertas), kini kita dapat menambahkan catatan-catatan, menandai bagian-bagian yang dianggap penting dengan warna tertentu. Berikut ini uraian singkat cara penggunaannya:

  1. Jalankan Adobe Reader X, lalu buka berkas PDF target. Buatlah blok pada kalimat atau kata yang akan ditandai, lalu klik tombol Highlight Text. 
  2. Secara default, warna penanda (highlight) adalah kuning menyala. Jika ingin mengubahnya, klik kanan pada blok penanda tersebut lalu pilih Properties. 
  3. Pada kotak dialog Highlight Properties, klik tombol Color untuk mengubah warna. Atur pula transparansinya dengan menggeser tombol pasak (slider) Opacity. Jika setelan ini ingin diterapkan pada penanda selanjutnya, beri tanda cek pada pilihan Make Properties Default. Selanjutnya, pilih warna penanda. Jika ingin warna lainnya, klik link teks Other Colors. 
  4. Pada kotak dialog Colors, pilih warna yang diinginkan. Jika sudah selesai, klik tombol OK. 
  5. Selain penanda, kita juga dapat menambahkan Sticky Note (misalnya untuk mencatat arti dari suatu kata “sulit” yang berbahasa Inggris, referensi pembanding dari sumber lain, penjelasan dari dosen, dan lainnya). Klik tombol Add Sticky Note yang berbentuk balon kata, lalu klik-tahan ikon balon kata yang tampil dan geser pada kata-kata atau kalimat yang bersangkutan. Pada kotak teks Sticky Note, ketik catatan-catatannya. Kotak teks tersebut juga dapat digeser posisinya. 
  6. Jangan lupa untuk menyimpan hasil penyuntingan yang telah kita buat. 

Selamat mencoba. (Vincent Bayu Tapa Brata)

7 thoughts on “Corat-Coret di PDF dengan Adobe Reader X

  • 06/12/2011 at 17:28
    Permalink

    mirip aplikasi PDF -XChange Viewer

  • 27/02/2012 at 07:48
    Permalink

    Bisa bikin format pdf massal tidak ya? satu kali klik .text convert ratusan pdf..
    btw good info
    salam kenal

  • 12/04/2012 at 09:35
    Permalink

    Saya sih pengen banget bisa buat tanda tangan di PDF. Tapi coba Adobe Acrobat Pro 7 katanya bisa tapi kok masih ga bisa ya? Apa yang ini benar benar mantap?

  • 12/04/2012 at 12:39
    Permalink

    bisa protect file pdf, sehingga tidak bisa disave, save as, print dan copy?

  • 04/05/2012 at 13:47
    Permalink

    oww ternyata bisa ya. aq cuma pake buat baca file pdf aja sih

  • 19/05/2012 at 06:34
    Permalink

    hebat… bisa menandai mana yang sudah dibaca dan mana yang penting.. thank untuk tips nya

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.