Sudah Bisa Dicoba, Layanan Cloud Computing Microsoft Office 365

JAKARTA, SENIN – Kamu yang fanatik produk Microsoft bisa loh pakai produk Microsoft tanpa bayar terlalu mahal. Caranya? Manfaatkan Microsoft Office 365 dari situs http://www.office365.co.id.

Apa sih Office 365? Ini adalah kolaborasi dari Microsoft Office, Microsoft SharePoint Online, Microsoft Exchange Online dan Microsoft Lync Online yang selalu ter-update melalui layanan komputasi awan (cloud computing). Layanan cloud computing Office 365 sudah tersedia sejak pekan lalu.

Asal tahu saja, layanan cloud computing tadinya hanya disediakan Microsoft untuk perusahaan multinasional seperti Shell dan DuPont. Namun kini, layanan ini ditawarkan juga ke pebisnis kecil. “Office 365 mampu memberikan dukungan bagi pebisnis kecil dengan kemampuan teknologi setaraf perusahaan besar,” kata Bonnie Mamanua, Business Group Head, Microsoft Office Division,Microsoft Indonesia dalam rilis persnya.

Enaknya, kamu tak perlu mengubah cara kerja untuk pindah ke cloud computing. Kamu bisa tetap pakai Office, tapi sekarang bisa mengaksesnya dari sebarang perangkat, termasuk ponsel. Di Office 365, Microsoft memberikan lebih dari 30 update baru. Sedangkan di online storage SkyDrive ada tambahan app-centric sharing untuk Office. Beberapa fitur baru Office 365 adalah dukungan Lync (instant messaging, presence, konferensi video) untuk Mac, layanan SharePoint Business Connectivity, dukungan untuk Windows Phone 7.5,

Mau tahu berapa biaya yang harus dibayarkan jika memakai Office 365? Per pengguna, setiap bulannya kamu cukup membayarkan US$ 6 untuk paket pilihan Office Web Apps, Microsoft Exchange Online, Microsoft SharePoint Online, Microsoft Lync Online dan situs eksternal dalam hitungan 15 menit.

Untuk layanan e-mail standar, tarif Office 365 untuk korporasi US$ 2 per pengguna per bulan. Office 365 versi ini juga mencakup opsi pembelian aplikasi dekstop Microsoft Office Professional Plus.  Eh, yang ini berbasis pay-as-you-go loh. Kalau membayarkan US$ 24 per pengguna per bulan, perusahaan dapat memiliki layanan komplit Office Professional Plus dengan e-mail, voicemail, social networking perusahaan, instant messaging, Web portal, extranet, video conference, web conference, lisensi on-premise dan  dukungan telepon selama 24 jam penuh.

Salah satu contoh pengguna baru Office 365 via cloud computing dari kalangan korporasi adalah perusahaan Campbell Soup Company dan Groupe Marie-Claire. Groupe Marie-Claire  adalah sebuah majalah fesyen terkemuka yang terbit di lebih dari 30 negara. Mereka akan menggunakan Office 365 untuk memodernisasi e-mail perusahaan dan kemampuan berkolaborasi.

O ya, kalau sudah menjajal Office 365 kamu bisa tetap memakainya sampai produk ini tersedia secara komersial.

Wiwiek Juwono

Senior Editor di InfoKomputer dan PCplus. Memiliki spesialisasi di penulisan fitur, berita, serta pengujian gadget dan asesori komputer

Leave a Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: