Terpanjang tanpa Repeater di Dunia, Jalur Bawah-laut Indonesia

JAKARTA, SELASA – Pasti tahu kan kalau  jalur bawah-laut sangat penting bagi kita pengguna Internet? Kabel bawah-laut yang putus akan membuat kita terputus hubungan dengan dunia luar. Nah ada kabar baik tentang jalur bawah laut ini.

Jalur bawah-laut di Indonesia yang panjangnya 354km baru saja di-upgrade oleh Nokia Siemens Networks dan PT Telkom. Jalur JaSuKa antara Dumai dan Dangas yang membawa trafik suara dan data fixed dan mobile dari PT Telkom dan para operator utama di Indonesia itu menyediakan bandwidth 40G (40 Gigabit per detik) per kanal. Berkat empat kanal 40GB, kapasitas informasi maksimal koneksi pun meningkat 16x. O ya, ini sekaligus merupakan koneksi 40G trerpanjang di dunia tanpa keberadaan amplifier di tengah-tengahnya.

“Inisiatif ini merupakan bagian dari visi kami untuk mengembangkan Nusantara Super Highway yang akan memberikan broadband ‘yang sebenarnya’ bagi 90% ibu kota kabupaten di seluruh kepulauan Indonesia pada 2015. Kami meng-upgade jaringan terrestrial kami menjadi 40G untuk mengatasi peningkatan kebutuhan akan aplikasi dan layanan yang membutuhkan bandwidth tinggi. Kabel bawah laut JaSuKa sangat penting bagi konektivitas internasional dan kami merasa sudah waktunya untuk meningkatkan kapasitas juga,” kata David Bangun (Executive General Manager, Telecommunication Infrastructure Division, PT Telekomunikasi Indonesia) dalam rilis persnya.

Wiwiek Juwono

Senior Editor di InfoKomputer dan PCplus. Memiliki spesialisasi di penulisan fitur, berita, serta pengujian gadget dan asesori komputer

3 thoughts on “Terpanjang tanpa Repeater di Dunia, Jalur Bawah-laut Indonesia

  • 21/12/2011 at 08:06
    Permalink

    Amiiin 🙂

  • 21/12/2011 at 14:04
    Permalink

    mudah mndahan ini menjadi titik awal kebangkitan untuk teknologi serupa yang lain lagi ….

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.