Sunday, April 14, 2024
Berita Teknologi

Wujudkan Mimpi, Dapat Ganjaran Dana 227 Juta Rupiah!

ki-ka: Sandy Lumy (Country General Manager, Lenovo Indonesia), Dharmayanti Kusuma (In-Country Marketing Specialist, Lenovo Indonesia), Nurdin Nurdiansyah (peneliti LIPI) dan Onno W. Purbo (pakar TI) memaparkan kontes Lenovo Do Network yang terbuka bagi anak muda yang suka meneliti.

JAKARTA, SELASA – Siapa pun, termasuk kamu, berhak untuk bermimpi. Mimpi bisa menang undian 100 juta misalnya. Atau bisa membuat sesuatu yang berguna bagi lingkungan. Sayang banyak dari mimpi itu ya tinggal mimpi indah belaka.

Nah kalau kamu suka meneliti, punya jiwa eksplorasi, dan berumur minimal 21 tahun, ada ajang bagus untuk mewujudkan mimpimu. Namanya Do Networks.

“Ini tantangan bagi anak-anak muda yang suka tantangan,” kata Sandy Lumy (Country General Manager, Lenovo Indonesia) di Jakarta akhir pekan lalu (2/12/2011). Kalau bisa menjadi finalis (ada 10 orang), kamu akan diganjar produk-produk Lenovo senilai US$ 2000 loh. Sementara hadiah utamanya lebih menggiurkan, yakni dana senilai Rp 227 juta, atau US$ 25.000 untuk mengembangkan proyekmu menjadi kenyataan.

Untuk bisa mendapatkan hadiah tersebut, kamu harus ikutan Do Network yang difasilitasi Lenovo. Gabungnya di mana? Klik saja http://donetwork.lenovo.com. Eh, di Do Network ini semua kegiatan akan berlangsung online. Di ruang online tadi, kamu bisa berbagi ide dan mendiskusikannya dengan teman-teman di mana saja di Indonesia, lalu membentuk tim proyek untuk mengembangkan ide tadi menjadi sebuah rencana yang bisa dijadikan kenyataan.

Jangan kuatir, kamu akan mendapat pendampingan kok. Sebab Lenovo sudah menyediakan tiga mentor yang siap membantu dan memandu tim secara online selama kontes. Mereka adalah pakar TI Onno W. Purbo, blogger lokal yang pernah menjadi country editor Yahoo Indonesia Budiputra, dan peneliti dari LIPI Nurdin Nudiansyah.

“Ada empat batch (putaran), masing-masing selama 90 hari. Dibagi dalam tiga tahap dengan 10 finalis, yang nanti akan diundang ke Jakarta untuk bertemu mentor. Batch pertama bertema Penemuan Teknologi,” papar Dharmayanti Kusuma (In-Country Marketing Specialist, Lenovo Indonesia) tentang kegiatan Do Network. “Batch kedua nanti temanya berbeda,” tambahnya.

Di tema putaran pertama (Penemuan Teknologi), tim-tim proyek ditantang mencari cara-cara baru memanfaatkan teknologi untuk menciptakan solusi yang menjawab masalah yang ada di komunitasnya. Tim diminta menyelesaikan salah satu dari empat tantangan yang diajukan Lenovo, yakni pendidikan portabel, kemacetan lalu lintas, dan produk = kemajuan. Sementara tantangan keempat bisa ditentukan sendiri oleh tim peserta.

Ide seperti apa yang berpotensi menang? “Yang orisinal, bisa diterapkan, juga mendapatkan voting terbanyak dari masyarakat,” kata Dharmayanti.

Dari setiap putaran, Lenovo akan memilih 10 finalis. Nanti pada putaran terakhir (ke 4), dari 40 finalis itu akan ditentukan satu pemenang utama yang berhak mendapatkan dana senilai US$ 25.000.  Lalu sang jawara Indonesia itu akan diadu dengan pemenang utama dari negara India dan Rusia.

Nah, ayo buktikan kalau kamu bisa dan harumkan nama bangsa Indonesia!

Wiwiek Juwono

Senior Editor di InfoKomputer dan PCplus. Memiliki spesialisasi di penulisan fitur, berita, serta pengujian gadget dan asesori komputer

Komentar kamu