Thursday, April 25, 2024
Berita Teknologi

Seagate GoFlex Satellite, Hardisk Eksternal Nirkabel

Jakarta – Seagate baru saja meluncurkan hardisk eksternal yang bisa diakses secara nirkabel, Seagate GoFlex Satellite. Koneksi perangkat penyimpan ini sengaja dibuat nirkabel agar mudah dibawa-bawa dan dikoneksikan ke perangkat mobile  kemanapun kamu pergi. Begitu kamu perlu mengakses data, cukup nyalakan Wi-Fi pada GoFlex Satellite kamu, dan wuzz…data yang kamu mau langsung bisa diakses.

Menurut Ban Seng Teh, Wakil Presiden Senior dan Manajer Pelaksana dari Seagate Technology di Asia Pasifik dan Jepang, perangkat ini memang sengaja dibuat sebagai pendamping perangkat mobile. Sebab, salah satu kelemahan perangkat-perangkat bergerak itu adalah terbatasnya penyimpanan. Seringkali kita ingin agar lagu, foto, video, dan film favorit ada di semua perangkat mobile kita, baik smartphone, tablet, netbook, ataupun notebook. Sayangnya, terkadang semua file kesayangan itu tak masuk ke perangkat kita karena terbatasnya memori. Sehingga, kita perlu memilah file yang akan dimasukkan. Tapi, tak semua orang senang dengan pekerjaan ini. Salah satu solusinya, mungkin dengan menggunakan cloud. Tapi, terus menerus mengakses cloud juga menyedot biaya data yang tak sedikit.

Nah, dengan GoFlex Satellite, kamu tak perlu ragu memasukkan semua file favorit di hardisk ini serta tak perlu pusing memikirkan biaya internet kamu akibat harus sering mengunduh atau streaming file dari cloud. Sebab, hardisk ini berkapasitas 500GB dan menggunakan koneksi nirkabel untuk akses datanya. Tak perlu koneksi internet. Sehingga kamu bisa menikmati film favorit yang berkualitas HD tanpa buffering dan tak perlu takut tiba-tiba biaya langganan data kamu membengkak atau kuotanya habis dengan segera.

Oiya, untuk membuka file yang tersimpan di GoFlex, kamu perlu menginstal aplikasi GoFlex Media yang berjalan di iOS, dan Android. Untuk Windows dan Mac OS X, tersedia GoFlex Sync. Atau untuk mudahnya, kamu bisa mengakses lewat browser di www.goflexsatellite.com.  Seagate juga menyediakan dock tambahan, kalau kamu perlu koneksi transfer data yang lebih cepat menggunakan USB 3.0. Konektor ini juga kompatibel dengan USB 2.0. Tersedia juga dock Firewire 800 dan Powered eSATA yang dijual terpisah. Mobilitasnya pun kian tinggi karena HDD ini dilengkapi dengan baterai internal yang bisa bertahan standby hingga 25 jam dan 5 jam saat dipakai. Meski HDD ini bisa dipakai hingga enam perangkat secara bersamaan, tapi Ban Seng Teh menyarankan perangkat ini digunakan hingga tiga perangkat saja secara bersamaan agar optimal.

“Dengan penyimpanan nirkabel mobile dari GoFlex Satellite, kami ingin menciptakan solusi yang elegan yang memberikan nilai nyata bagi para pengguna tablet yang sangat banyak di luar sana…Dengan GoFlex Satellite, kita akan mampu membawa seluruh isi pustaka media tanpa memerlukan kabel, tanpa menambah jaringan lagi (misalnya 3G) ataupun membeli tablet yang berkapasitas lebih tinggi.”

Perangkat ini sudah tersedia di pasaran seharga USD 199 atau sekitar  1,8 juta rupiah. Untuk informasi mengenai tempat penjualan, silakan kunjungi: http://www.mygoflexsatellite.com/id.

Eka Santhika

Travelling di dunia digital dan dunia nyata ^^

One thought on “Seagate GoFlex Satellite, Hardisk Eksternal Nirkabel

  • untuk goflex apa conectorx menyediakan sperpartnya………..
    tolong punyak qw conectorx eror………….

Komentar kamu