Di AS, Dell Kembali ke Akarnya

JAKARTA, SELASA – Kegagalan, kata orang bijak, hanyalah sebuah sukses yang tertunda. Namun apakah itu berlaku untuk Dell? Belakangan ini, beberapa produk Dell gagal di pasar dan tidak lagi diproduksi. Sebut saja netbook dan juga tablet Android-nya.

Nasib serupa juga dialami smartphone Dell. Di Indonesia kita memang tidak mengenalnya. Namun di AS, tadinya Dell menjual smartphone berbasis Windows Phone. Namanya Venue dan Venue Pro.

Akan tetapi kedua smartphone ini ternyata tidak lagi dipasarkan Dell di AS, sementara penerusnya tak terlihat. Juga tidak jelas apakah di masa depan Dell masih akan menawarkan smartphone lain. Begitu lapor PC World.

Di AS, Dell memang tidak termasuk nama besar untuk urusan smartphone. Tapi sebelum smartphone membunuh pasar PDA, Dell punya sejumlah personal digital assistant Windows Mobile yang populer. Ada yang ingat namanya? Ya, namanya Axim.

Saat ini, Dell masih menawarkan beberapa smartphone di Jepang, Cina dan pasar lain. Tablet Android Dell yang berukuran 10” juga masih dijajakan di Cina. Tapi di AS sepertinya Dell sudah kembali ke akarnya, yakni sebagai perusahaan PC.

Wiwiek Juwono

Senior Editor di InfoKomputer dan PCplus. Memiliki spesialisasi di penulisan fitur, berita, serta pengujian gadget dan asesori komputer

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.