Tuesday, March 5, 2024
Berita Teknologi

Penjualan Seagate Meleset dari Target

JAKARTA – Banjir Thailand sepertinya berefek besar pada pencapaian target penjualan Seagate Technology plc. Dalam rilisnya, Seagate menyebutkan bahwa perusahaannya hanya memenuhi  pemasukan sebesar USD 4,5 milyar serta margin kotor non-GAAP sebesar 33,6%. Ini meleset dari target pendapatan yang ditetapkan sebelumnya, yaitu minimum sebesar USD 5 milyar dengan margin kotor sebesar minimal 34,5%. Angka ini merupakan laporan keungan awal pada kuartal fiskal keempat tahun 2012, yang berakhir pada 29 Juni 2012.

“Seagate memperkirakan akan memberikan catatan laporan keuangan untuk kuartal lainnya dalam kuartal Juni, namun kami tidak dapat mencapai target pemasukan serta target margin seperti yang telah direncanakan,” ujar Steve Luczo, pemimpin dan chief executive officer Seagate.

Lebih lanjut Luczo, menjelaskan bahwa kekurangan ini terjadi akibat kurangnya suplai Seagate untuk memenuhi pertumbuhan pangsa pasar.. “Kami mengurangi pengiriman barang…setelah sebelumnya mengalami gangguan rantai suplai. Kedua, kami mengalami masalah kualitas penyuplai…yang memengaruhi salah satu lini produk kami. Masalah ini berdampak pada pengiriman unit produk hingga 1,5 juta unit dan menjatuhkan margin kotor kami dibawah target kami semula,” ujarnya.

Sebelumnya, bencana banjir di Bangkok, Thailand, sempat membuat produksi hardisk drive (HDD) dari Seagate, Western Digital, dan Toshiba terganggu akibat terendamnya fasilitas produksi mereka. Dalam bincang-bincang usai peluncuran Seagate BackUp Plus akhir pekan lalu, Banseng Teh, Wakil Presiden & Direktur Pelaksana Penjualan & Pemasaran Seagate Asia Pasifik & Jepang, menjelaskan bahwa ternyata pasar pulih lebih cepat dari perkiraan. Ini juga yang sepertinya luput dari perkiraan Seagate. Sebab, seperti dilansir dari Tomshardware, Luczo akhir tahun lalu memperkirakan bahwa efek banjir Thailand ini baru akan pulih pada akhir 2012.

Meski demikian, Baseng Teh menyebutkan bahwa pihaknya berusaha terus berakselerasi dengan permintaan pasar. Untuk Juni 2012, Seagate mencatat tetap memegang 42% pangsa pasar HDD dunia. Seagate akan melaporkan seluruh kuartal fiskal keempat 2012 pada Senin, 30 Juli 2012.

Eka Santhika

Travelling di dunia digital dan dunia nyata ^^

Komentar kamu