Thursday, February 22, 2024
Review ProdukReview Software

Review Software Peta Digital OpenStreetMap

Peta Hasil Karya Keroyokan

Butuh tampilan peta yang akurat? Atau ingin ikut berkontribusi membuat gambar peta suatu wilayah? Jika iya, maka kamu mesti mengunjungi situs OpenStreetMap (OSM). Ia merupakan aplikasi yang dibuat sebagai proyek bersama untuk menghasilkan peta dunia yang bisa dimanfaatkan oleh siapa saja. Bisa dibilang, OSM adalah Wikipedia-nya peta dunia sehingga siapa saja bisa menyunting dan menampilkan informasi yang ada.

Meski demikian, bukan berarti peta yang ditampilkan seadanya, loh. Dengan adanya komunitas OSM, segala penyuntingan akan selalu dipantau oleh mereka untuk memastikan keakuratannya.

Gambar peta di sini biasanya diperoleh dari data GPS, fotografi udara, atau sumber lainnya. Dibantu aplikasi editor, pengguna yang telah memiliki akun bisa memanfaatkannya untuk menyunting peta yang dibuatnya. Nantinya, hasil penyuntingan peta yang dilakukan dari seluruh dunia akan melengkapi satu sama lain. Oleh karena itu, jangan heran jika OpenStreetMap menampilkan peta yang mengalami perubahan setiap waktu.

Asyiknya lagi, situs OSM juga menyediakan pilihan bahasa Indonesia serta informasi yang lengkap mengenainya. Saat ini diklaim ada lebih dari 500.000 pemilik akun OpenStreetMap. Oh ya, selain untuk komputer, OSM juga mendukung perangkat gadget berbasis iOS, Android, dan BlackBerry OS.
(day)


Informasi

Situs webwww.openstreetmap.org
Ukuran file15,6MB
LisensiGratis
Harga
Kebutuhan sistemWindows 98 ke atas, Java

 

Yohannes Suwarto

Staff laboratorium perangkat keras PT. Prima Infosarana Media. Memiliki spesialisasi pengujian produk konsumer, termasuk notebook dan PC desktop.

Komentar kamu