Mantap, WD Kembangkan Hard Disk Tertipis di Dunia

JAKARTA, RABU– Sekarang ini jamannya notebook supertipis. Umumnya di notebook supertipis ini terpasang SSD (solid state disk) sebagai storage. Soalnya fisik SSD tipis, cocok untuk dibenamkan di notebook supertipis. Sebab hard disk 2,5”,  kendati kapasitasnya jauh lebih besar, berfisik jauh lebih tebal, dan juga lebih berat.

Potensi pasar notebook supertipis telah membuka peluang bagi WD untuk mengembangkan hard disk drive yang lebih tipis, yakni 5mm. Teknologinya hibrid, paduan memori flash MLC NAND dengan cakram magnetik. Ia  mendukung instant-on dan kinerja aplikasi yang mirip dengan client solid state drives (SSD) terbaru. Data yang jarang diakses ditempatkan di cakram magnetik, sedangkan data yang sering diakses di NAND flash. Hard disk 5mm ini disebutkan berkapasitas maksimal 500GB.

WD mengembangkan hard disk 5mm-nya bekerjasama dengan Acer dan Asus. Sebelumnya, ketebalan hard disk untuk notebook adalah 9,5mm. Tapi awal tahun ini, WD juga sudah mengirimkan hard drive 7mm untuk dipasang di notebook supertipis.

Wiwiek Juwono

Senior Editor di InfoKomputer dan PCplus. Memiliki spesialisasi di penulisan fitur, berita, serta pengujian gadget dan asesori komputer

Leave a Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: