Indosat Cloud Sederhanakan TI Perusahaan

JAKARTA, RABU – Pengguna cloud computing di Indonesia kembali mendapat pilihan baru untuk penyedia komputasi awan berbasis infrastruktur . Hari ini, Indosat mengenallkan produk teranyarnya sebagai solusi simplifikasi TI perusahaan dalam rupa layanan public cloud computing infrastructure as a service (IaaS).

Produk Indosat ini sengaja dibuat untuk menjawab kebutuhan solusi teknologi untuk beragam industri, seperti: keuangan dan perbankan, manufaktur, pertambangan dan perminyakan, pelayanan publik, termasuk industri skala kecil dan menengah dan industri kreatif. Layanan IaaS yang diberikan indosat sendiri menyediakan perangkat keras dan lunak siap pakai dengan spesifikasi yang bebas ditentukan oleh penggunanya serta bisa digunakan dalampula sewa sehingga perusahaan tidak lagi perlu berinvestasi dengan biaya lisensi yang tinggi.

Kelebihan sistem komputasi IaaS antara lain bisa melakukan simplifikasi terhadap proses pengadaan barang, instalasi hardware dan integrasi infrasturktur. Dengan layanan ini pula pengguna bisa melakukan pengaturan mandiri terhadap infstruktur TI-nya sendiri, seperti pengaturan jumlah core prosesor yang akan dipakai, jumlah memori, sampai jumlah storage. Biaya yang dikenakan Indosat terhadap layanannya ini juga cukup fair, yakni dengan sistem sewa bulanan maupun per jam.

Menurut Fadzri Sentosa , Direktur & Chief Wholesale & Infrastructure Indosat, disediakannya layanan cloud computing oleh Indosat adalah salah satu langkah awal dari rangkaian lengkap dan layanan komputasi awan yang ditujukan bagi bisnis di Indonesia. “Layanan ini memberikan kemudahan dan kecepatan instalasi bagi perusahaan kecil dan menengah yang membutuhkan dukungan IT untuk percepatan kemajuan bisnis,” jelas Fadzri.

Bekal teknologi jaringan yang ada di produk cloud compuuting Indosat ini sangat cocok dipakai di perusahaan skala besar. Didukung dengan jarngan backbone carrier ethernet dan IP/MPLS yang handal dalam bentuk layanan Virtual Private Network (VPN) for cloud, international IP transit (INIP) dan domestic IP Transit (INIX). Data center Indosat yang dipakai untuk cloud ini juga sudah bersertifikasi ISO-27001 sehingga bisa memberikan jaminan keamanan bagi bisnis pelanggannya.
 

Brama Setyadi

Is a sushi and wife lover. Always curious about any "magic" done by technology. Photography is also my middle name.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: