Tuesday, March 5, 2024
Review ProdukReview Software

Review Software Linux Inkscape

Penyunting Grafik Vector yang Andal

Jika GIMP bisa dibilang sebagai alternatif Photoshop, maka Inkscape adalah alternatif aplikasi penyunting gambar bagi desain grafis berbasis vector seperti CoreDraw. Berbeda dengan penyunting gambar biasa, gambar vector atau grafik vector merupakan gambar digital berbasis matematis. Jadi gambar vector terdiri dari penggabungan koordinat titik menjadi suatu garis atau kurva untuk kemudian menjadi suatu objek. Dengan metode ini, gambar tidak akan pecah walau diperbesar atau diperkecil.

Sama dengan aplikasi open-source kebanyakan, Inkscape juga hadir bagi berbagai sistem operasi. Ia juga memenuhi standar XML, SVG, dan CSS. Inkscape menggunakan format file standar W3C, yaitu SVG (Scalable Vector Graphics). Umumnya gambar vector yang terdiri dari format SVG, EPS, dan CDR memiliki ukuran yang lebih kecil dibandingkan dengan gambar bitmap.

Beberapa fitur utama Inkscape di antaranya adalah mampu mengekspor/impor gambar bitmap seperti PNG, JPEG, dan BMP. Tersedia pula tool lengkap untuk menggambar berbagai objek dasar seperti pencil tool, pen tool, rectangle tool, polygom tool, dan text tool. Inkscape juga cukup pintar menyikapi kebiasaan pengguna dalam menyunting gambar. Contohnya, pada saat membuat sebuah objek, secara otomatis akan diberi warna fill dan outline sesuai dengan settingan yang sedang aktif.
(day)

 

Informasi

Situs webhttp://inkscape.org/
Ukuran file34,9MB
LisensiGratis (open-source)
Harga
Kebutuhan sistemWindows XP/Vista/7

 

Yohannes Suwarto

Staff laboratorium perangkat keras PT. Prima Infosarana Media. Memiliki spesialisasi pengujian produk konsumer, termasuk notebook dan PC desktop.

Komentar kamu