Ada Wanita Cantik Penipu di Instagram

JAKARTA, SABTU – Kamu yang suka melihat-lihat foto di Instagram mesti hati-hati. Jangan tergiur gambar wanita cantik loh. Itu bisa saja sebuah jebakan dari scammer.

Laporan Symantec Intelligence bulan Oktober menyatakan bahwa scammer memanfaatkan popularitas Instagram yang sudah mencapai 100 juta pengguna. Ia akan mengirimi kamu sebuah notifikasi mengenai komentar di Instagram. Datang dari sebuah akun yang tidak dikenal, tidak ada hubungannya dengan foto, dan jelas merupakan spam:

 Hi there, Get a FREE Game in my Profile, OPEN it up, Get 85.90$ 🙂 xx

Pengguna muncul sebagai wanita cantik dengan ribuan follower. Anehnya untuk layanan berbagi foto, tidak terdapat satu  pun foto. Profil wanita tersebut mengatakan hal yang sama seperti komentar yang ditinggalkan, namun juga termasuk sebuah URL yang dipendekkan.

Berbeda dengan komentar serupa pada sebuah blog, link diletakkan pada profile, bukan pada pesan spam. Spam ini juga berisi instruksi tersurat untuk mengunjungi profil dan membuka link. Hal ini mungkin disebabkan oleh pengawasan URL yang dilakukan Instagram, yang otomatis menghapus link tidak dikenal yang terdapat dalam sebuah komentar.

Link berakhir pada sebuah layanan mobile premium yang menawarkan video hewan lucu dengan hanya €4.50 per bulan. Untuk mendapatkan layanan ini, pengguna hanya diharuskan memberikan nomor telepon mereka. Dalam waktu sangat singkat, ia  kemudian menerima banyak sekali follower. Ada kesamaan pada para follower baru ini, yakni:

– Semuanya “wanita” dengan gambar profil yang menarik.

– Tidak ada satu pun dari mereka yang mem-posting foto.

– Bio profil mereka mencakup quote, diikuti oleh sebuah URL yang dipendekkan.

Meskipun URL yang dipendekkan berbeda di setiap profil, semuanya mengarah ke lokasi yang sama – sebuah iklan pekerjaan palsu untuk bekerja di media sosial. Dengan iming-iming tawaran “Get Paid $250/Day To Mess Around on Facebook And Instagram” penerima pesan spam hanya perlu memberikan nama dan alamat e-mail-nya.

Tipe spam ini dapat mengarah ke scam penipuan. Yang membingungkan, setiap profil memiliki ribuan follower.

Eh iya, bukan hanya Instagram yang mengalami scam seperti ini loh. Jadi berhati-hatilah selalu! Usahakan untuk mengatur akunmu ke Private agar kamu bisa mengontrol siapa yang mem-follow kamu dan siapa yang tidak. Juga jangan asal follow, maupun mengklik URL pendek kecuali kamu tahu alamatnya.  Jangan pula mem-follow atau menerima follower tanpa foto, kecuali kamu kenal orang tersebut. Kalau merasa curiga, laporkan saja akun atau komentar ke Instagram.

Wiwiek Juwono

Senior Editor di InfoKomputer dan PCplus. Memiliki spesialisasi di penulisan fitur, berita, serta pengujian gadget dan asesori komputer

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.