GeForce GTX 680 DirectCU II, Dua Slot dan Lebih Ramping

Asus GeForce GTX 680 DirectCU II
Asus GeForce GTX 680 DirectCU II

Taipei, Taiwan ― Sebelumnya, kartu grafis ASUS GeForce GTX 680 DirectCU II, hadir dengan desain tiga slot. Kini, Asus menghadirkan tipe terbaru dengan desain pendingin dua slot. Sehingga, kartu grafis ini semakin mudah untuk diaplikasikan ke PC desktop kebanyakan. Dalam rilisnya, Asus menyebutkan bahwa seri ini diluncurkan

Tipe baru ini juga dilengkapi dengan video memory yang ditingkatkan hingga 4GB GDDR5, dua kali lebih besar dibanding tipe terdahulu. Desain pendingin DirectCU II juga diperbarui dengan SSU-shaped heatpipe baru yang lebih efisien. Asus menyebutkan heatpipe ini lebih stabil, daya tahan lebih baik, dan meningkatkan potensi overclocking dengan digunakannya ASUS DIGI+ VRM dan Super Alloy Power. Kartu grafis ini juga sudah dilengkapi dengan utility GPU Tweak.

Asyiknya lagi, graphic processor ini juga termasuk dalam program promo ASUS/Ubisoft game bundle. Jadi, kitabisa memilih salah satu dari lima pilihan judul game yang ditawarkan. Selain itu, awal Desember ini tersedia pula pilihan kartu grafis GeForce® GTX 680 dua slot dengan video memory 2GB GDDR5.

Video memory 4GB GDDR5 yang dimiliki perangkat ini berada pada clock 6008MHz, dua kali lipat dibanding tipe sebelumnya. Dengan demikian, tipe baru ini punya kinerja gaming yang lancar dengan resolusi yang lebih tinggi. Video memory 4GB ini juga siap mendukung resolusi WQHD (2560 x 1440). Resolusi inilah yang akan menjadi standar resolusi PC gaming di masa mendatang.

Pendingin DirectCU II ini punya desain baru dengan bentuk dua huruf “S” dan satu huruf “U’. Dengan desain ini, bukan sekedar merampingkan bentuk pendingin tapi juga dapat memaksimalkan kemampuan heatpipe. Heatpipe berbahan tembaga ini telah dilapisi dengan nikel untuk mengurangi efek oksidasi. Heatpipe juga bersentuhan langsung ditengah GPU untuk mengefisiensikan hantaran panas. Dengan demikian mengurangi jarak transfer panas, sekaligus menggandakan kemampuan pelepasan panas, namun dengan kebutuhan ruang yang lebih kecil dibanding pendingin sebelumnya. Berkat heatsink alumunium berukuran besar, GTX 680 DirectCU II berhasil mempertahankan kehebatan DirectCU, yaitu temperatur 20% lebih dingin, dan sekitar tiga kali lebih hening.

Kartu grafis ini juga menggunakan digital voltage regulation ASUS DIGI+ VRM dan komponen Super Alloy Power. Sehingga Asus menggadang-gadang perangkat ini lebih stabil dan tahan dua setengah kali lebih lama. Power noise juga bisa dikurangi hingga 30%. Potensi overclocking juga meningkat dengan digunakannya 6 phase power delivery untuk mendukung tuning range yang lebih luas. Sekaligus meningkatkan keandalan dan keamanan.

GPU Tweak yang eksklusif untuk kartu grafis ASUS, menghadirkan antarmuka yang mudah digunakan dan memungkinkan tuning kartu grafis tanpa perlu repot. Pengguna dapat mengatur clock speed, voltage, fan, power delivery target, dan game-specific profile, semuanya dapat dilakukan cukup hanya dengan beberapa kali menekan mouse. GPU Tweak telah dilengkapi pengaman yang memastikan overclockyang sangat stabil dan aman, juga dapat di-reset dengan mudah sehingga pengguna dapat membatalkan perubahan yang telah dilakukan.

Kalau kamu membeli GeForce GTX 680 dan GTX 670 DirectCU II terbaru ini, kamu bisa memilih satu game bundle Ubisoft melalui UBIshop. Lima game itu adalah Assassin’s Creed® III (genreaction/adventure), I Am Alive (action-adventure survival), Tom Clancy’s Rainbow Six: Vegas 2 (first person shooter), Tom Clancy’s Splinter Cell: Conviction (action stealth), and dan R.U.S.E (real time strategy).

 
Spesifikasi
Model name
GTX680-DC2G-4GD5
GTX670-DC2G-4GD5
Graphics engine
NVIDIA® GeForce® GTX 680
NVIDIA® GeForce® GTX 670
CUDA cores
1536
1344
Bus standard
PCI Express 3.0
OpenGL®
OpenGL® 4.2
Video memory
4GB GDDR5
Engine clock
Boost clock: 1058MHz
Base clock: 1006MHz
Boost clock: 980MHz
Base clock: 915MHz
Memory clock
6008MHz (1502MHz GDDR5 )
Memory interface
256-bit
DVI max resolution
2560 x 1600
DVI output
x 1 DVI-I
x 1 DVI-D
HDMI output
x 1
DisplayPort
x 1 (standard)
HDCP compliant
Yes
Software bundled
ASUS GPU Tweak and driver
Dimensions
10.7″ x 5.4″ x 1.7″
10.7″ x 5.4″ x 1.7″
Spesifikasi dan fitur produk dapat berubah tanpa pemberitahuan sebelumnya. Untuk informasi detil mengenai produk dapat dilihat di:

http://www.asus.com/Graphics_Cards/NVIDIA_Series/GTX680DC2G4GD5/

http://www.asus.com/Graphics_Cards/NVIDIA_Series/GTX670DC2G4GD5/

Eka Santhika

Travelling di dunia digital dan dunia nyata ^^

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.