Berapa Kalori yang Kamu Bakar?

trik-15Ingin tahu berapa kalori yang kamu bakar saat kamu jalan pagi? Go Pedometer akan memberikanmu kesempatan untuk melacak kecepatan jalan pagi sekaligus mengetahui jumlah kalori yang kamu bakar. Jika app lainnya, semisal Endomondo, membutuhkan data GPS dan sangat tergantung dengan data tersebut, Go Pedometer tidak membutuhkannya.

Perangkat iOS pun (iPhone dan iPod touch) menjelma sebagai asisten saat kamu berolahraga. Ia akan menghitungkan jumlah langkah saat kamu berjalan atau berlari. Go Pedometer akan menghitung kecepatanmu secara akurat, jarak yang kamu tempuh, dan kalori yang terbakar saat menjalani sesi latihan. Unduhlah app dari App Store, tepatnya di alamat: http://itunes.apple.com/app/go-pedometer/id545922135?mt=8.

Kita intip yuk bagaimana mengukur kalori yang kamu bakar saat olahraga:

  1. Jalankan app Go Pedometer. Berbeda dengan app serupa, Go Pedometer tidak berjalan secara background. App juga menyertakan pemutar musik yang akan membuat kegiatan jogging-mu makin asik. Kamu bisa mengimpor lagu yang berada di iPhone.
  2. Saat kamu mulai menjalani sesi jogging dan jalan, tekan tab Go, lalu tekan tombol Start. Setelah kamu berjalan tiga langkah, Go Pedometer akan mulai menghitung langkah kakimu. Layar utama app akan menampilkan waktu yang telah berjalan sejak kamu memulai sesi latihan, jumlah langkah, kalori yang terbakar, jarak tempuh, serta rata-rata kecepatan.
  3. Tap tombol Map pada bagian atas layar untuk menampilkan peta lokasi sesi latihanmu. Tap Share pada peta untuk membagi rute latihanmu ke jejaring sosial atau e-mail.
  4. Tap pada tab History untuk menampilkan data statistik dari latihan yang kamu jalankan.
  5. Tap tab Graph untuk menampilkan semua informasi hasil latihan dalam bentuk grafik. Tap tombol Steps, Distance, atau Calories untuk menampilkan grafik berdasarkan langkah, jarak, dan kalori.
  6. Tap tab Music untuk memutar musik dengan app Go Pedometer. Tap ikon plus yang berada di pojok kanan atas bagian Music untuk mengimpor musik ke app. Tap ikon Play yang berada di pojok kiri atas untuk memainkan lagu.
  7. Tap tab Settings untuk mengisikan berat dan tinggimu, sehingga kalori yang dibakar bisa diukur secara akurat. Kamu akan bisa melihat jarak, kalori yang terbakar, dan jumlah langkah yang kamu lakukan. Tap Total di pojok kiri atas untuk menampilkan jumlah total hasil sesi latihanmu.

Wiwiek Juwono

Senior Editor di InfoKomputer dan PCplus. Memiliki spesialisasi di penulisan fitur, berita, serta pengujian gadget dan asesori komputer

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.