Lupakan Kartu Nama Kertas, Pakailah Kwartu

kwartuJAKARTA, KAMIS – Jaman sekarang katanya jaman digital. Semua serba digital. Maka kartu nama hadir dalam versi digital melalui aplikasi bernama Kwartu. Jadi kamu tak perlu repot membawa-bawa kartu nama berfisik kertas. Cukup bawa ponsel yang bisa terkoneksi ke Internet. Sebab kartu namamu tinggal diakses dari situs Kwartu (www.kwartu.com).

Desain kartu nama itu boleh kamu tentukan sendiri. Begitu pula tata letak, jenis dan warna huruf. Data yang ada di kartu namamu itu tak ubahnya di kartu nama kertas, yakni nama, alamat dan nomor telepon.. Kalau bosan dengan desain yang ada, ya tinggal diubah lagi sendiri sewaktu-waktu.

Kamu juga bisa menyediakan link langsung ke e-mail, website, blog, social media (Facebook, Twitter, Linkedin, YouTube) dan akun-akun pribadi lain kamu yang bisa diakses dengan sentuhan. Jika bagian namamu disentuh, akan muncul deretan link ke website, akun social media dan lain-lain. Kalau bagian nomor yang disentuh, muncullah dial pad yang siap menyambungkan panggilan telepon. Jika bagian alamat e-mail yang disentuh, pilihan e-mail client seperti Gmail, hadir menampilkan format e-mail yang siap ditulisi dan dikirimkan ke nama yang bersangkutan. Kalau bagian alamat disentuh, muncul pilihan Google Maps yang menghadirkan peta dari alamat tersebut. Asik bukan?

“Apa pun yang diubah pada sebuah Kwartu akan diperbarui seketika (real time) di semua telepon selular yang menyimpannya. Tak ada lagi nomor telepon atau alamat yang kadaluarsa,” jelas Nurmanjaya yang menggagas Kwartu gara-gara ia kewalahan mencari kontak dari kartu nama kertas. “Ditambah dengan perkembangan gaya hidup masyarakat masa kini, penggunaan kartu nama digital akan lebih mudah dan sedia setiap saat ketimbang kartu nama biasa,” tambahnya

Lalu bagaimana jika ponselmu hilang? Apakah datanyanya juga raib? Menurut Nurman, cukup sign-in di situs Kwartu dan semua koleksi Kwartu-mu bisa kembali diakses.

Mau menjajal Kwartu? Silakan unduh app ini dari Google Play Store. Gratis kok. Sementara ini Kwartu memang hanya ada di perangkat Android.  Kalau mau perkembangan Kwartu, ikuti saja twitter @Kwartu.

Wiwiek Juwono

Senior Editor di InfoKomputer dan PCplus. Memiliki spesialisasi di penulisan fitur, berita, serta pengujian gadget dan asesori komputer

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.