Satu Tempat untuk Beberapa Penyimpan Awan [ Primadesk ]

Ini dia solusi bagi kamu yang kesulitan menyatukan semua file yang kamu titipkan di beberapa layanan penyimpan awan.

Saat ini kamu mungkin saja memiliki lebih dari satu layanan penyimpan awan (cloud storage). Bisa jadi kamu memiliki akun di Dropbox, Evernote, Google Drive, juga Box. Maklum ada begitu banyak layanan penyimpan  awan yang tersedia gratis. Setiap layanan penyimpan awan menyediakan aplikasi sinkronisasi yang dapat dijalankan di komputer desktop atau ponsel/tablet.

Namun banyaknya layanan tersebut yang kamu miliki itu mungkin justru membuat kamu lebih repot. Pasalnya, kamu harus melakukan pemeliharaan dan pengaturan terhadap struktur folder dan file yang disimpan di masing-masing tempat penyimpanan tersebut.

Jika kamu mengalami kondisi tersebut, silakan menggunakan jasa layanan “pemersatu” dari beberapa layanan penyimpan awan. Salah satu layanan yang dapat kamu gunakan adalah Primadesk. Primadesk menyediakan sebuah tempat yang dapat dihubungkan ke beberapa layanan  penyimpan awan, antara lain Dropbox, Evernote, Google Drive, SkyDrive, SugarSync, atau Box.

Salah satu hal yang membuat Primadesk dapat dijadikan sebagai alternatif adalah tersedianya aplikasi untuk Android dan iOS. Ia juga dapat dikunjungi dengan menggunakan web browser. Selain itu, Primadesk menyediakan layanan gratis dengan batasan ruang backup 1GB dan layanan awan yang dapat menampung maksimum 5 akun. Jika ingin lebih besar, kamu dapat berlanggan untuk layanan PRO atau Premium yang menyediakan jumlah akun tidak terbatas.

Untuk mengetahui bagaimana Primadesk dapat membantu kamu untuk mengelola beberapa penyimpan awan dalam satu tempat, ikuti saja langkah-langkah berikut.

t8-429-awan-gb-01

 

1. Pertama-tama kamu harus memasang aplikasi Primadesk dari Google Play (untuk Android) atau dari App Store (untuk iOS). Setelah terpasang dan dijalankan, Primadesk meminta kamu membuat akun baru terlebih dahulu. Tap tombol Register A New Account dan masukkan semua item yang diperlukan. Jika telah lengkap, tap tombol Register.

 

t8-429-awan-gb-02

 

2. Jika proses registrasi berhasil, kamu akan langsung mendapatkan halaman utama. Dari halaman utama ini, mulailah menambahkan akun baru untuk layanan penyimpan awan maupun layanan jejaring sosial yang ingin kamu daftarkan di Primadesk. Tap saja ikon Add Accounts.

 

 

t8-429-awan-gb-03

 

3. Primadesk akan menampilkan sebuah daftar layanan yang dapat diterima. Terdapat sekitar 39 jenis akun yang dapat kamu gunakan untuk terhubung ke beberapa layanan jejaring sosial, penyimpan awan, WebDAV, email (POP3/IMAP). Setiap layanan memiliki pengaturan yang berbeda.

 

 

t8-429-awan-gb-044. Sebagai contoh kamu ingin menambahkan akun Skydrive untuk dokumen. Tap item Skydrive Docs. Jika mau, ubahlah teks untuk label yang tersedia, lalu tap tombol Next. Berikutnya silakan login ke layanan Skydrive dari halaman login yang tersedia. Jika berhasil, kamu diminta untuk memberikan persetujuan agar Skydrive mengijinkan Primadesk mengakses layanan Skydrive dengan akun kamu. Jangan kuatir tentang keamanan, karena Skydrive menggunakan mekanisme OAuth yang menjamin kerahasiaan akun kamu.

 

t8-429-awan-gb-05

5. Kamu dapat mengulangi langkah penambahan akun sesuai kebutuhan. Namun untuk layanan yang gratis, Primadesk membatasi maksimum 5 akun akses. Setelah semua akun kamu tambahkan, kembalilah ke halaman utama dari Primadesk. Perhatikan, pada ikon Document dan atau Photos akan dimunculkan jumlah akun yang telah terdaftar. Tap ikon Documents.

 

t8-429-awan-gb-066. Untuk membuka folder dan file yang ada di setiap-tiap akun yang telah ditambahkan, tap item akun tersebut. Primadesk akan menghubungkan ke layanan terkait dan menampilkan daftar folder dan file. Dari daftar tersebut, kamu dapat melakukan beberapa operasi, misalnya menduplikasi, menghapus, atau mencari file atau folder. Cobalah tap soft button Menu.

7. Dari operasi tersebut, katakanlah sekarang kamu ingin menduplikat sebuah file dari layanan Skydrive ke layanan lain yang telah kamu daftarkan, misalnya Box. Caranya  sangat mudah. Masuklah ke item Skydrive, dan beri tanda cek pada file yang akan diduplikat. Tap soft menu, dan tap item ikon menu Copy. Selanjutnya, tap soft button Back sampai kembali ke daftar akun yang telah kamu daftarkan. Tap item layanan Box, pilih folder tempat file akan ditempatkan, lalu tap soft button menu, dan tap ikon menu Paste.

8. Operasi lain yang sangat berguna adalah pencarian terhadap semua file dan folder yang tersimpan di beberapa layanan penyimpan awan, e-mail, atau layanan lain yang telah kamu daftarkan. Caranya juga sangat mudah. Kembalilah ke tampilan utama, lalu tap ikon menu Search. Ketikkan teks yang ingin ditemukan dan tap tombol Go pada virtual keyboard.

t8-429-awan-gb-09

 

9. Kamu juga dapat Mengambil foto-foto yang sudah tersimpan di layanan jejaring sosial seperti Facebook. Cara pengambilan, pada halaman utama tap ikon Add Account atau Photos. Pilih item Facebook dari daftar layanan yang tersedia. Tap tombol Next untuk melanjutkan ke otentikasi OAuth. Masukkan akun Facebook kamu, dan jika berhasil, ijinkan Primadesk untuk mengakses foto-foto kamu yang ada di akun Facebook.

 

t8-429-awan-gb-10

 

10. Jika berhasil, kembalilah ke tampilan utama. Tap ikon menu Photos. Kamu akan mendapatkan dua item, yaitu Facebook dan SDCard. Untuk mengakses foto-foto kamu yang sudah ada di Facebook, tap item Facebook. Primadesk akan menampilkan semua album foto yang tersimpan di Facebook atas nama akun kamu.

 

 

Naskah: Budi Susanto ( [email protected] )

Yohannes Suwarto

Staff laboratorium perangkat keras PT. Prima Infosarana Media. Memiliki spesialisasi pengujian produk konsumer, termasuk notebook dan PC desktop.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: