TweakNow HD-Analyzer: Cari File yang Menyita Hard Drive

tweaknow hd analyzerKapasitas hard disk kian hari kian besar. Buntutnya, semakin besar file pula yang disimpan, khususnya file media HD. Karena itu penting sekali bagimu untuk menginstal aplikasi yang bisa menganalisis hard drive untuk menemukan file yang menyita kapasitas, dan menemukan lokasi file tersebut.

TweakNow HD-Analyzer adalah tool yang memungkinkan kamu men-scan drive atau folder untuk menemukan seberapa besar ruang hard diskmu digunakan oleh folder dan file. Semua proses ini bisa kamu lakukan dengan mudah. Aplikasi TweakNow HD-Analyzer mempunyai antarmuka yang user-friendly, dan menawarkan berbagai opsi.

Silakan unduh aplikasi di alamat: http://www.tweaknow.com/HDAnalyzer.php.  Perlu dicatat, aplikasi Tweak Now HD-Analyzer bisa diinstal pada Windows XP, Windows Vista, Windows 7, dan Windows 8.

 

Nah ini dia cara men-scan drive dan menemukan file yang menyita ruang:

  1. Jalankan aplikasi TweakNow HD-Analyzer. Aplikasi akan otomatis mengenali jumlah drive dan ruang hard disk yang tersisa. Aplikasi juga akan menampilkan informasi drive pada sisi kanan jendela aplikasi yang terdiri dari General dan File System Features. Pada General, kamu akan menemukan informasi, di antaranya Path, Serial Number, File System, dan Maximum File Name Length. File System Features menyertakan berbagai macam informasi, seperti Case is Preserved, Case Sensitive, File Compression Support, Named Streams Support, dan banyak lagi.
  2. Klik tombol Scan Folder untuk men-scan sebuah folder; atau klik tombol Scan Drive untuk men-scan drive yang kamu pilih.
  3. Apapun opsi yang dipilih, kamu bisa melihat perkembangan prosesnya melalui progress bar.
  4. Klik tombol Cancel untuk menghentikan proses scan yang sedang berjalan.
  5. Setelah proses scan selesai, aplikasi akan menyediakan informasi dalam dua bagian. Di bagian atas terdapat semua folder pada drive yang telah di-scan, dan ruang yang diambil oleh masing-masing folder. Kamu bisa menjelajah keseluruhan directory tree dengan mengklik salah satu folder. Kamu pun bisa membuka folder dengan memilihnya, lalu mengklik Show Folder in Windows Explorer.
  6. Di bagian bawah, tepatnya pada Summary, kamu akan mendapati semua informasi tentang ruang disk dan masing-masing tipe file yang menggunakan ruang hard disk-mu. Pada bagian Summary, kamu akan mendapati berbagai macam tipe file, di antaranya Video Files, Audio Files, Disk Image Files, Compressed Files, dan Font Files.
  7. Untuk menganalisis folder atau drive lain, klik Back pada toolbar untuk kembali ke menu utama.
  8. Klik menu Options untuk membuka semua ekstensi file yang bisa dibaca aplikasi saat proses scan.
  9. Untuk menambahkan ekstensi baru, klik Add untuk membuka kotak dialog. Pada bagian ini, kamu bisa mengetikkan nama ekstensi file dan memberikan deskripsi ringkas dari extension group.
  10. Klik Save untuk menyimpan ekstensi file baru.

Wiwiek Juwono

Senior Editor di InfoKomputer dan PCplus. Memiliki spesialisasi di penulisan fitur, berita, serta pengujian gadget dan asesori komputer

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.