Nvidia Kembali Luncurkan GPU Baru

GTX-770-top

Singapura, Kamis – Setelah seminggu yang lalu Nvidia meluncurkan secara resmi GPU GeForce GTX 780, kini Nvidia kembali menghadirkan sebuah GPU baru lain yakni GeForce GTX 770. Sesuai namanya, Nvidia GeForce GTX 770 ini diposisikan di bawah abangnya itu. Meskipun mengusung nama yang mirip, Nvidia GeForce GTX 770 ini lebih menyerupai generasi sebelumnya, tepatnya Nvidia GeForce GTX 680. Bedanya Nvidia GeForce GTX 770 tersebut menggunakan clock yang lebih tinggi sehingga menawarkan kinerja yang lebih baik.

Nvidia GeForce GTX 770 diatur untuk bekerja pada 1046MHz (1085MHz saat Boost), sedikit lebih tinggi dari Nvidia GeForce GTX 680 yang sebesar 1006MHz (1058MHz saat Boost). Adapun clock memori lokalnya berjalan pada 7GHz (efektif), naik dari 6GHz (efektif) milik Nvidia GeForce GTX 680. Untuk CUDA core-nya, ia tetap punya 1536. Kartu grafis dengan Nvidia GeForce GTX 770 dirancang untuk punya memori lokal 4GB atau 2GB GDDR5.

“Hanya GPU Nvidia yang secara konsisten memberikan para pemain game kemampuan untuk mencapai frame rate yang sangat cepat pada resolusi definisi tinggi dengan seluruh eye candy dinyalakan,” sebut Scott Herkelman, General Manager of the GeForce GPU business di NVIDIA. “GeForce GTX 770 mewakili sebuah batasan baru dari kinerja dan fitur untuk di bawah US$400 dan komitmen kami untuk PC gaming adalah penyebab GPU GeForce tetap menjadi pilihan nomor wahid untuk para pemain game di seluruh dunia,” ujarnya lebih lanjut pada siaran pers yang PCplus terima.

Nvidia GeForce GTX 770 juga dilengkapi sejumlah fitur lain seperti PhysX, TXAA, SLI, GPU Boost 2.0, dan dukungan Nvidia GeForce Experience. Sejumlah produsen kartu grafis seperti Asus, Colorful, EVGA, Gainward, Galaxy, Gigabyte, Innovision 3D, MSI, Palit, PNY, dan Zotac diklaim telah menawarkan kartu grafis dengan GPU Nvidia GeForce GTX 770 itu. Untuk harganya sendiri, ditawarkan mulai dari US$399.

Cakra

Staff laboratorium perangkat keras PT. Prima Infosarana Media. Memiliki spesialisasi pada pengujian perangkat elektronik seperti motherboard, prosesor dan komponen lain.