Seagate Tawarkan SSD 600 Pro dan SSD 1200 untuk Data Center

Seagate 600 SSD Pro untuk enterprise; Foto: Storage Review
Seagate 600 SSD Pro untuk enterprise; Foto: Storage Review

Jakarta – Untuk menyasar pengguna enterprise alias perusahaan besar, Seagate menawarkan 600 Pro SSD dan 1200 SSD. Seagate 600 SSD ditujukan untuk solusi server dengan daya listrik rendah dan server dengan komputasi yang digunakan untuk keperluan berbasis web. Sementara Seagate 1200 SSD diperuntukkan bagi server yang menjalankan aplikasi dengan konsumsi sumber daya yang lebih tinggi.

Ditawarkan sebagai SSD yang punya konsumsi daya rendah, konsumsi daya Seagate 600 SSD hanya 2.8 watt saat berooerasi. Sebab lebih hemat energi, SSD ini punya nilai IOPS/watt tertinggi di antara solusi industri lainnya, sehingga bisa meningkatkan kinerja sistem dengan konsumsi daya yang rendah. Selain mengurangi biaya untuk pendinginan datacenter.

Seagate merekomendasikam 600 Pro SSD untuk para pembangun sistem cloud, datacenter skala besar, penyedia layanan berbasis cloud, CDN (Content Delivery Network), dan lingkungan virtualisasi. Seagate 600 Pro SSD ini tersedia dalam kapasitas 480GB dan form factor 2.5 inci. Produk ini juga dilengkapi dengan antarmuka SATA 6Gb/s. Drive ini juga dilengkapi dengan sistem pintar untuk menjaga integritas data yang tinggi, menjaga data dari kerusakan ketika terjadi kehilangan arus listrik ataupun bila sistem dimatikan dengan tidak sengaja.

“Dengan menggunakan teknologi SSD dari Seagate ke dalam produk yang kami tawarkan, kami mampu memenuhi kebutuhan pelanggan kami akan kecepatan yang lebih tinggi, waktu respon yang singkat serta konsisten, dan efisiensi daya yang luar biasa,” kata Paul Poynter, CTO dari Rorke Data, unit bisnis dari Avnet.

Seagate 1200 SSD Pro
Seagate 1200 SSD Pro

Sementara SSD Seagate 1200 SSD yang juga ditujukan untuk kalangan enterprise, sudah didukung dengan SAS 12Gb/s. Meski demikian, SDD ini tetap dapat berjalan di koneksi lawas dengan antarmuka SAS 6Gb/s. Seagate merekomendasikan SSD ini untuk penyimpanan enterprise dan aplikasi server yang menuntut beban kerja kompleks dan akses baca tulis yang intensif. Contohnya server yang menggunakan aplikasi dengan komputasi tingkat tinggi dan analisa data.

Seagate 1200 SSD menggunakan algoritma yang mampu mengoptimalkan performa data yang sering diakses dengan memprioritaskan akses baca atau tulis yang terjadi terlebih dahulu, dan mengoptimalkan lokasi di mana data disimpan. Sehingga kinerja meningkat dan mampu mempersempit perbedaan kecepatan akses antara penyimpanan data dan prosesor.

Perangkat ini memiliki konektor dual port SAS 12Gb/s dan mampu mengalirkan data 100 persen lebih cepat daripada generasi sebelumnya, dengan bandwidth I/O yang dua kali lipat lebih besar. Tapi, tetap memastikan bahwa integritas data, ketersediaan serta skalabilitasnya tetap bisa diandalkan. Drive ini juga mampu menjaga keamanan data dari terputusnya arus listrik, serta memastikan bahwa tidak ada data yang rusak akibat ketidaksengajaan. Seagate 1200 SSD tersedia dalam kapasitas 800GB dan dua jenis form factor yaitu 1.8 inci atau 2.5 inci.

Eka Santhika

Travelling di dunia digital dan dunia nyata ^^

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.