Wah, Dell Lepaskan Bisnis Awan Publik

openstackJAKARTA, RABU – Bisnis layanan awan makin seru. Makin banyak vendor beralih ke bidang ini. Namun biasanya yang lebih laku adalah private cloud, bukan public cloud. Nah ada kabar mengejutkan dari Dell tentang layanan public cloud-nya yang dijanjikan akan meluncur sebelum tahun 2013 berakhir.

Perusahaan ini mengumumkan tidak akan berinvestasi di layanan awan berbasis VMware dan OpenStack untuk awan publik. Pengumuman ini sekaligus membuat Dell menjadi satu dari perusahaan terkemuka pertama yang melepaskan strategi awan publiknya (public cloud).

Dalam rilis persnya, Dell mengatakan,”Penjualan dari in-house multi-tenant public cloud IaaS Dell yang ada tidak akan dilanjutkan di AS dengan mempertimbangkan penawaran mitra best-in-class.” Sebagai ganti menawarkan public cloud-nya sendiri, Dell akan menjual layanan public cloud OpenStack melalui para mitra seperti Joyent, ScaleMatrix dan ZeroLag. J

Cuma yang aneh, menurut IT World,  tak satu pun dari mitra tersebut mengoperasikan OpenStack. ZeroLag menggunakan VMware, sementara awan Joyent bersifat proprietary. ScaleMatrix menawarkan “OpenStack hosting” yang tidak sama dengan public cloud.

Dell juga tetap berencana menawarkan produk dan layanan private cloud berbasiskan OpenStack yang jalan di atas hardware dan software Dell. Perusahaan ini telah berjanji untuk berinvestasi dan berkontribusi pada komunitas OpenStack dan akan terus menawarkan dan mengembangkan Dell OpenStack-Powered Cloud Solution untuk private cloud.

Wiwiek Juwono

Senior Editor di InfoKomputer dan PCplus. Memiliki spesialisasi di penulisan fitur, berita, serta pengujian gadget dan asesori komputer

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.