BlackBerry Segera Hadirkan Q10

BBQ10-1
Maspiyono Handoyo, Managing Director BlackBerry Indonesia (kiri) bersama Ardo Fadhola, Senior Product Manager BlackBerry South East Asia memamerkan BlackBerry Q10 saat pengumuman smartphone terbaru BlackBerry ini di Hotel Hilton Bandung, 4 Juni 2013 lalu.

Bandung, Selasa – Melengkapi Z10 yang telah hadir lebih dulu, BlackBerry mengumumkan secara resmi mengenai kehadiran smartphone terbarunya, Q10. Berbeda dengan Z10 yang hanya memberikan layar sentuh, BlackBerry Q10 dilengkapi dengan keyboard QWERTY secara fisik yang telah menjadi andalan berbagai smartphone BlackBerry sebelumnya. “Lebih dari 80% orang bilang dia akan beli,” sebut Maspiyono Handoyo, Managing Director BlackBerry Indonesia saat menjelaskan hasil riset yang dilakukan BlackBerry terhadap orang Indonesia mengenai smartphone hybrid (punya keyboard secara fisik dan layar sentuh).

Tidak sekadar menghadirkan keyboard QWERTY secara fisik, BlackBerry juga melakukan sejumlah optimasi, antara lain ukuran keyboard yang lebih besar, bentuk keypad yang khusus, dan sambungan yang lebih presisi agar memberikan kenyamanan lebih. Selain keyboard, BlackBerry Q10 memiliki sejumlah kelebihan lain seperti casing yang lebih kuat dan lebih ringan serta baterai yang lebih tahan lama. Casing, menurut Ardo Fadhola, Senior Product Manager BlackBerry South East Asia, dilengkapi dengan soft touch finishing sehingga lembut, tidak licin, tidak mudah kotor dengan bekas sidik jari, juga diklaim membantu dalam kinerja jaringan (bersama optimasi lainnya menolong saat berada pada area dengan kondisi sinyal yang buruk). “Jadinya dia sangat unik. Artinya tidak ada satu pun Q10 yang desain belakangnya, pattern-nya exactly sama persis. Gak ada. Pasti akan ada sedikit perbedaan,” ujar Ardo lebih lanjut mengenai keunikan pola casing belakang smartphone terbaru BlackBerry ini.

BBQ10-2
BlackBerry Q10 menggunakan prosesor dual core 1,5GHz dengan memori utama 2GB, media simpan internal 16GB, layar Super AMOLED 3,1″ 720×720 piksel, serta sudah mendukung 4G LTE.

Untuk sistem operasinya, BlackBerry Q10 sudah menggunakan versi 10.1 (update ke 10.1 untuk BlackBerry Z10 nantinya juga akan tersedia) yang memiliki sejumlah kelebihan. Beberapa di antaranya adalah Instant Action yang memungkinkan akses ke BlackBerry Messenger, social media, serta sejumlah aplikasi lain langsung dari home screen sehingga lebih mudah, mengetik yang lebih cepat dengan adanya suggestion yang bisa bertambah pintar bila semakin sering dipakai, serta hadirnya fitur HDR (High Dynamic Range) dan Red maupun Golden Eye Removal untuk foto yang lebih baik.

Tidak ketinggalan, BlackBerry turut menegaskan ketersediaan aplikasi untuk sistem operasi BlackBerry 10. Saat ini sudah ada lebih dari 120 ribu aplikasi yang tersedia pada BlackBerry World. Selain beragam aplikasi populer, aneka aplikasi hasil karya pengembang lokal maupun aplikasi untuk Indonesia juga hadir seperti Kereta Api Indonesia, Garuda Indonesia, Mind Talk, PicMix, Soccer Ticker, 21Cineplex, BCA, LewatMana, Lazada, dan Kompas Gramedia.

BlackBerry Q10 tersedia secara resmi di Indonesia mulai 27 Juni 2013 dengan harga sekitar 7,5 juta rupiah, namun kamu sudah bisa pre order melalui sejumlah operator di Indonesia sejak sekarang.

Cakra

Staff laboratorium perangkat keras PT. Prima Infosarana Media. Memiliki spesialisasi pada pengujian perangkat elektronik seperti motherboard, prosesor dan komponen lain.

%d bloggers like this: