Setelah Tumblr, Yahoo! Beli Qwiki dan Xobni

qwikiJAKARTA, JUMAT – 

Acara beli-membeli perusahaan masih dilanjutkan Yahoo!. Dua perusahaan sekaligus dibeli dalam selang waktu yang tak lama.

Yang pertama dibeli adalah Qwiki, aplikasi yang bisa mengubah image dan video menjadi digital story boards. Begitu diumumkan Yahoo di Tumblr (Tumblr dibeli Yahoo dengan nilai US$ 1,1 miliar). Untuk mengakuisisi Qwiki, Yahoo! menggelontorkan US$ 50 juta.

Yahoo! tidak mengungkapkan apa yang akan dilakukannya dengan Qwiki yang awalnya merupakan search engine yang berfokus pada video. Cuma sepertinya, Yahoo akan menantang Vine dan Instagram di pasar social video. Dalam pengumumannya, Yahoo mengatakan akan tetap mendukung aplikasi Qwiki.

Satu perusahaan lain juga dibeli Yahoo adalah Xobni (jika dibalik, namanya adalah inbox). Yang ini adalah perusahaan manajemen kontak dan e-mail, yakni layanan informasi tentang dengan siapa para penggunanya berkomunikasi. Yahoo! mengatakan akan mengintegrasikan teknologi Xobni ke dalam produk-produk komunikasinya, termasuk versi mobile dan PC dari layanan e-mail dan instant messaging

Belum ada informasi resmi dari Yahoo! tentang nilai beli Xobni.

Wiwiek Juwono

Senior Editor di InfoKomputer dan PCplus. Memiliki spesialisasi di penulisan fitur, berita, serta pengujian gadget dan asesori komputer