Tuesday, July 16, 2024
Berita Teknologi

USB Wireless AC D-Link Ini Berjalan di 2,4GHz dan 5GHz Loh

DWA-171_A1Jakarta – Untuk memudahkan koneksi nirkabel dengan berbagai perangkat kamu, D-Link memperkenalkan Wireless AC Dual Band Mini USB Adapter DWA-171. Ini adalah adaptor Wireless AC berbentuk mini dan bisa beroperasi Dual Band. Perangkat yang ditujukan untuk pengguna pemula ini bisa beroperasi di frekuensi 2,4GHz (sampai dengan 150Mbps) atau 5GHz (sampai dengan 433Mbps). Dengan dua pilihan ini, kamu bisa leluasa berganti perangkat yang bekerja pada kedua frekuensi itu.

Seagate mengklaim penggunaan produknya ini semudah memasang perangkat di PC dan menekan tombol WPS-nya. Maka perangkat bisa langsung terkoneksi tanpa memerlukan update maupun adaptor tambahan. D-Link DWA-171 menggunakan frekuensi AC yang merupakan standar jaringan baru dari IEEE. Arsitektur jaringan baru ini punya data rate yang lebih tinggi dan reliabilitas yang lebih besar.

Standar baru ini diluncurkan untuk menjawab tantangan saat ini dimana pengguna semakin banyak menggunakan perangkat mobile yang notabene pasti menggunakan gelombang nirkabel. Oleh karena itu, masalah interferensi gelombang, menjadi isu yang makin penting. Sebab, makin banyak perangkat nirkabel yang berjalan di gelombang yang sama, makin besar interferensinya. Interferensi ini membuat tingkat respon (response rate) perangkat makin rendah. Selain itu, berbagai aplikasi yang digunakan juga meminta bandwidth yang makin besar. Maka diperlukan perangkat yang bisa mengantarkan bandwidth yang makin besar pula.

Adapter dengan antarmuka USB 2.0 ini juga kompatibel dengan seluruh produk Wireless N dari generasi sebelumnya, yang sudah kamu miliki. DWA-171 Wireless ACDual Band Mini USB Adapter akan tersedia di toko serta mitra distribusi pada kuartal tiga 2013. Perangkat ini juga mendukung enkripsi WEP/WPA/WPA2.

Eka Santhika

Travelling di dunia digital dan dunia nyata ^^