Agar Aman Mencetak, Canon imageCLASS LBP6680x Dibekali Solusi MEAP

canon lbp6680x_leftJAKARTA, JUMAT – Di banyak kantor UKM dan SOHO, printer laser monokrom masih meraja. Kecepatan cetaknya oke. Namun biasanya printer seperti ini tidak mengindahkan sisi keamanan dan efisiensi biaya. Begitu kata Canon Division Director PT Datascrip Merry Harun.

Nah agar dokumen yang dicetak terjaga keamanannya, Canon membekalkan Canon MEAP (Multifunctional Embedded Application Platform) pada printer barunya, Canon imageCLASS LBP6680x. Apa sih MEAP?

MEAP, kata Canon, memungkinkan sinergi antara perangkat dan aplikasi-aplikasinya. Jadi kinerja bisa scalable dan kohesif tapi operasinya tetap sederhana. Ia bisa dipakai mengembangkan  aplikasi-aplikasi kustom yang lengkap atau applet kecil  yang interaktif dengan cepat dan efektif. Alhasil, platform berbasis standar Java ini meniadakan kebutuhan akan hardware eksternal yang mahal, seperti server.

Apa lagi keistimewaan printer laser monokrom baru Canon ini? Ia bisa mencetak langsung dari flash disk atau kartu SD setelah ditambahi modul SD Card Secure Print. Tidak perlu komputer. Fitur Ultra Fast Rendering (UFR II) print language-nya  memungkinkan printer dan PC berbagi memori dan sumber daya secara bersamaan sehingga pencetakan berlangsung lebih efisien dibandingkan proses cetak konvensional.

imageCLASS LBP6680x dapat mendukung bahasa cetak Postscript untuk pencetakan dokumen kualitas tinggi yang kaya akan gambar dan vektor. Dilengkapi dengan memori printer 768MB serta koneksi Gigabit Ethernet, LBP6680x dengan baki standar 250 lembar (bisa ditambah sampai 500 lembar) didesain untuk menangani cetak dari perangkat yang berbeda dan serta lingkungan operasional yang tidak biasa.

Warming up dan recovery dari moda tidur imageCLASS LBP6680x disebutkan minimal berkat teknologi On-Demand Fixing. Hanya perlu 7 detik untuk first printout time dan 10 detik untuk recovery time. Per menitnya, printer dengan resolusi maksimal 1200×1200 dpi ini bisa mencetak 33 halaman A4 dalam modus standar.

Mengingat penggunanya adalah kalangan SOHO dan UKM, kemudahan penggantian toner juga diperhatikan Canon melalui Canon all-in-one toner cartridge design. Satu lagi,  printer dengan fitur auto-duplex ini hemat energi: mengonsumsi listrik hanya 1,3 kWH per minggu, dan 1W dalam mode “Deep Sleep”.

Canon imageCLASS LBP6680x dijual dengan harga Rp 6.500.000. Cartridge dijual dengan harga Rp. 975.000 (Cartridge 319 Black  – 2100 pages).Jika menginginkan kapasitas lebih besr, 6400 halaman, pilihlah Cartridge 319 Black II yang Rp. 1.695.000.

Wiwiek Juwono

Senior Editor di InfoKomputer dan PCplus. Memiliki spesialisasi di penulisan fitur, berita, serta pengujian gadget dan asesori komputer