Sudah Final, Spesifikasi SuperUSB 10Gbps

usb 3.1JAKARTA, SELASA – Kecepatan transfer USB akan bertambah cepat lagi. Awal bulan ini, The USB Promoter Group mengatakan telah menyelesaikan spesifikasi USB 3.1, yang akan memungkinkan kinerja SuperSpeed USB 10GBps. Kecepatan ini setara dengan tawaran Thunderbolt 10Gbps dari Intel dan Apple.

 

Spesifikasi baru ini akan dirujuk sebagai “SuperSpeed+,” sementara USB 3.0 sebagai “SuperSpeed,” dan USB 2.0 sebagai “Hi-speed.” USB 3.1 akan menggandakan throughput data efektif dari tawaran SuperSpeed USB yang ada sekarang. Spesifikasi USB 3.1 ini pun disebutkan kompatibel dengan spesifikasi USB sebelumnya (USB 3.0 — 5Gbps dan USB 2.0 — 480Mbps).

 

Para pengembang diharapkan mempelajari detail teknis dari spesifikasi baru tersebut di tiga lokasi konferensi pengembang: Hillsboro, Oregon, AS (21 Agustus), Dublin, Irlandia, Eropa (1 Oktober) dan Asia (awal Desember).

 

Yang perlu diingat, Intel juga telah mengumumkan pengembangan teknologi Thunderbolt 2 dengan controller Falcon Ridge baru yang menawarkan bandwidth sampai 20Gbps – dua kali lipat kecepatan Thunderbolt sekarang dan USB 3.1 yang akan datang.

Wiwiek Juwono

Senior Editor di InfoKomputer dan PCplus. Memiliki spesialisasi di penulisan fitur, berita, serta pengujian gadget dan asesori komputer