Review Ainol Novo 7 Rainbow

 

UjiSeptember-AinolNovo7Rainbow

Selain memunculkan tablet dengan spesifikasi kelas atas ternyata produsen juga tak ragu memasok tablet kelas terjangkau yang spesifikasinya terbilang pas-pasan. Namun, ini bukan bermaksud menawarkan produk kacangan melainkan memberikan opsi lain yang jauh lebih ekonomis agar mereka yang sangat sensitif terhadap harga turut dapat menikmati tablet. Umumnya konsumen macam ini adalah anak-anak atau pelajar yang butuh tablet untuk belajar sampai bersenang-senang.

Karenanya PCplus tak heran bila Ainol meluncurkan seri Novo 7 Rainbow dengan spesifikasi yang kurang “menggigit” untuk ukuran tablet masa kini. Coba saja tengok CPU Allwinner A13 1GHz yang hanya single core dengan kecepatan 1GHz. Begitu pula dengan memori utama yang hanya 512MB. Duet komponen ini teramat tanggung di era multi core yang saat ini tengah booming. Ya, tawaran ini mesti dilihat lebih dalam dari sisi ekonomi yang seringkali menjadi faktor penentu.

Seperti halnya tablet berlayar 7″ 480×800 piksel kelas terjangkau pada umumnya, fisik Ainol Novo 7 Rainbow menggunakan material utama plastik yang kurang eksklusif. Hanya terdapat sedikit koneksi I/O seperti microSD, micro-USB, audio 3,5mm, dan kamera depan yang hanya 0,3MP. Dari luar saja sudah tampak kelengkapan tablet terkesan sekedarnya yang seakan bicara bahwa ini hanya tablet berfasilitas terbatas.

Sistem di tablet masih dalam kondisi standar bawaan Android 4.2 (Jelly Bean) sehingga tak tampak kesan istimewa dalam navigasinya. Entah sadar atau tidak, komposisi CPU dan memori utama yang serba minim ini dengan sistem Jelly Bean yang terbilang kompleks tentunya memberikan kinerja yang pas-pasan dalam menjalankan berbagai aplikasi. Meski grafis sudah memakai Mali-400MP, game 3D jadi terasa kurang mulus akibat kondisi yang pincang ini.

Jadi menurut PCplus, tablet setebal 1cm ini jelas tidak nyaman untuk aktivitas mobile yang kompleks, lebih tepat untuk game ringan atau berinternet saja. Produk ini memang sengaja diposisikan mengisi pasar yang haus tablet murah untuk sekedar dicoba, atau pelengkap laptop semata.

Ainol Novo 7 Rainbow mungkin bukan buat kamu yang gemar memasang banyak aplikasi, tapi jelas masih cocok untuk anak atau kebutuhan sederhana yang tak perlu kinerja prosesor tinggi. Harga yang sangat terjangkau jadi daya tarik paling utama di sini.

 
 

www.ainol-novo.com
Jakartanotebook.com
(021) 56985511
Rp. 760.000,-
1 Tahun

 

 

UjiSeptember-AinolNovo7Rainbow-Caption1
Rangkaian koneksi input/output yang minim.

 

UjiSeptember-AinolNovo7Rainbow-Caption2
Tampilan antarmuka yang standar dan kurang menarik. Rendahnya resolusi layar juga membuat ikon terlihat besar.

 

 

Spesifikasi:

Prosesor Allwinner A13 1GHz(single core ARM Cortex-A8)
Memori Utama DDR3 512MB
Kartu Grafis Mali-400MP
Media Simpan Internal 4GB NAND Flash
Jaringan Selular
Wireless Wi-Fi (802.11b/g/n)
Koneksi Lain Micro-USB,  microSD, audio 3,5mm
Kamera 0,3 Megapiksel (depan)
Layar 7″ 480×800 piksel capacitive touchscreen
Dimensi 18,3 x 11,6 x 1,04 cm
Bobot 282gr

 

 

Hasil Uji:

 

Quadrant Advanced 2.1

Total                1670

 

Linpack Android

Single Thread            14,73 MFLOPS

Multi Thread              14,28 MFLOPS

 

Smartbench 2012

Productivity              487

Games                     1328

 

NenaMark2                32,6 fps

 

 

+ Desain ramping, grafis cukup baik, harga sangat terjangkau.
–  Kinerja rendah, fasilitas dan aksesoris minim.

Rating: 7,0

 

friv url

deny

Koordinator laboratorium perangkat keras PT. Prima Infosarana Media. Memiliki spesialisasi dalam pengujuan gadget dan asesori komputer.