Instagram Mulai Tampilkan Iklan Tahun Depan

instagramarama
(doc.tuaw)

Sejak kelahirannya pada Oktober 2010, Instagram menjadi aplikasi gratis dengan sama sekali tidak menampilkan iklan. Namun nampaknya masa itu akan segera berakhir, karena mulai tahun depan Instagram akan menambahkan iklan di aplikasinya.

Emily White, Director of Business Operation mengatakan bahwa Instagram siap menjual ‘lahan’ untuk iklan di aplikasi itu. Dengan menjual iklan secara tidak langsung mereka juga harus berhati-hati agar tidak terjadi kehilangan pengguna secara besar-besaran.

Bertahun-tahun sudah Instagram berfokus untuk menarik perhatian pengguna dengan tampilannya yang bersih dan simple, dan kemudahan untuk berbagi foto maupun video. Tahun lalu ketika terjadi perubahan pada terms of service, banyak pengguna mulai melakukan protes dan berhenti menggunakan Instagram.

Kira-kira bagaimana bentuk iklan yang akan tampil di Instagram nantinya? White mengatakan bahwa mereka akan mencari cara untuk meletakkan  iklan di fungsi search dan discover yang ada di aplikasi. Penambahan iklan pada Instagram tentu menjadi tantangan baru, bagaimana cara mereka bisa menghasilkan uang tanpa kehilangan penggunanya.