Nvidia Hilangkan Tearing, Stuttering, dan Lag dengan G-Sync

NvidiaHilangkanTearing

Singapura, Sabtu – Nvidia memperkenalkan teknologi baru yang disebut dengan G-Sync. Tujuannya untuk menghilankan tearing, stuttering, dan lag pada saat kamu sedang bermain game. Hal ini dimungkinkan karena dengan G-Sync Nvidia mengklaim sinkronisasi yang sempurna antara GPU (Graphics Processing Unit) dengan displai.

Mungkin kamu berpikir mengenai bedanya dengan V-Sync. Sekadar mengingatkan, V-Sync membatasi nilai maksimal frame rate (yang dinyatakan dalam frame per second (fps)) pada refresh rate dari displai. Jadi bila refresh rate dari displai adalah 60Hz, maka frame rate maksimal saat memainkan sebuah game dengan opsi V-Sync aktif adalah 60fps. Bila frame rate tidak mencapai 60fps, misalnya 50fps, maka GPU atau kartu grafis tetap akan memberikan frame rate 50fps tersebut ke displai 60Hz itu. Akibatnya, tidak semua frame rate mendapat jatah tayang yang sama. Dengan V-Sync, tearing memang hilang, namun tidak demikian dengan efek yang dua lagi.

G-Sync dari Nvidia mensinkronisasikan refresh rate displai dengan frame rate dari GPU. Jadi nilai refresh rate dari sang displai akan selalu disesuaikan dengan nilai frame rate dari GPU atau kartu grafis. Akibatnya, game play akan lebih mulus dan berbagai objek juga akan terlihat lebih tajam.

“Komitmen kami untuk membuat sebuah pengalaman bermain game yang murni telah membimbing kami pada G-Sync,” ujar Jeff Fisher, Senior Vice President of GeForce Business Unit dari Nvidia. Lebih lanjut ia menegaskan bila kamu sudah bermain game dengan memanfaatkan G-Sync, kamu tidak akan mau lagi bermain tanpa menggunakannya.

Selain kartu grafis yang mendukung G-Sync, displai yang digunakan juga harus mendukung teknologi itu. Sejumlah produsen displai populer seperti Asus, BenQ, Philips, dan ViewSonic pun sudah berencana untuk menawarkan displai yang dilengkapi dengan G-Sync ini.

Tanggapan Kamu

komentar