Review Seagate Central 4TB

UjiOktober-SeagateCentralKamu punya banyak perangkat dan sering berbagi data satu dengan lainnya? Jika ya, Seagate Central yang hadir di PCplus ini mungkin bisa memudahkan aktivitas kamu itu. Seagate Central adalah sebuah perangkat yang dimasukkan produsennya pada kategori Network Attached Storage (NAS) dan ditujukkan untuk pemakaian di rumah. Selain berfungsi seperti NAS “tradisional”, Seagate Central juga membolehkan akses lewat internet. Dengan kata lain, selama terkoneksi ke internet, kamu bisa mengaksesnya dari mana saja seperti punya awan pribadi. Seagate Central ini hadir dengan kapasitas 2TB, 3TB, dan 4TB. Jika kamu merasa kurang, kamu bisa menambahkan media simpan lain melalui sebuah port USB yang disediakan. Yang PCplus uji adalah yang 4TB dan berhubung hanya terdiri dari hard disk tunggal (2TB dan 3TB juga), tidak ada fitur RAID untuk keamanan data bila hard disk rusak.

Untuk menggunakan Seagate Central, kamu terlebih dahulu harus menghubungkannya ke wireless router atau perangkat sejenis di rumah kamu. Koneksi yang didukung hanyalah lewat kabel (wired LAN). Jika kamu menggunakan DHCP, seharusnya kamu hanya perlu menunggu sejenak sampai NAS Seagate ini dalam kondisi siap.

Jika semuanya benar, kamu akan bisa mengakses Seagate Central lewat komputer desktop atau laptop kamu. Kamu akan diminta untuk memasukkan nama, password, dan email untuk mempersonalisasi perangkat milik kamu. Email yang dimasukkan di awal ini diperlukan untuk remote access, misalnya saat kamu di luar rumah. Selanjutnya kamu bisa membuat akun administrator maupun pengguna lain sesuai kebutuhan. Setiap akun yang kamu buat akan memiliki folder pribadi yang tidak bisa diakses sembarang orang. Sayangnya, akun yang baru dibuat ini tidak serta merta muncul. PCplus harus menunggu sejenak, barulah akun baru itu tampil. Di luar folder pribadi, pada Seagate Central ada juga folder umum yang bisa diakses semua pengguna.

Selain menyediakan folder untuk berbagi file, Seagate Central membolehkan kamu untuk membackup berbagai konten (foto dan video) yang kamu bagi dengan orang lain di Facebook. Bicara backup, kamu juga bisa mengunduh Seagate Dashboard dan menginstalnya di komputer kamu. Lewatnya, aneka data di komputer tersebut bisa dibackup ke Seagate Central. Periode dari backup pun bisa diatur, mulai dari sekali itu saja sampai secara terus menerus.

Untuk memudahkan akses terhadap berbagai file multimedia dan dokumen dari smartphone atau tablet, Seagate menyediakan aplikasi yang disebut Seagate Media. Dengannya kamu bisa secara mudah menonton film, mendengar musik, maupun membaca dokumen yang terdapat pada folder umum. Bagaimana dengan folder pribadi? Aplikasi ini tidak mendukungnya.

Saat PCplus coba Seagate Media di rumah memanfaatkan koneksi Wi-Fi, memainkan film di smartphone PCplus bisa berjalan dengan lancar, termasuk ketika Seagate Central diakses oleh perangkat lain. Kinerja ini sendiri bergantung pada interface yang kamu gunakan. Seagate Central memang sudah mendukung gigabit Ethernet, namun bila wireless router atau perangkat sejenis kamu baru sampai Fast Ethernet, kinerjanya akan menyesuaikan. Belum lagi bila untuk Wi-Fi-nya baru mendukung 802.11b atau 802.11g yang lebih lambat dari Fast Ethernet. Dari beberapa percobaan PCplus, kinerja Seagate Central sudah sesuai dengan peruntukkannya.

Ketika PCplus coba di luar rumah memanfaatkan koneksi internet, Seagate Media meminta film bersangkutan diunduh terlebih dahulu. Selesai diunduh barulah film tersebut diputar. Di luar Seagate Media, Seagate Central juga mendukung DLNA, iTunes, dan Samsung Smart TV app.

Andai kamu perlu remote access yang lebih luas, kamu bisa masuk ke http://access.seagate.com dan mengakses Seagate Central dari sana. Remote access yang lebih luas ini juga bisa diperoleh lewat aplikasi khusus yang tersedia untuk berbagai sistem operasi smartphone dan tablet populer.

Jika ada kekurangan lain pada Seagate Central selain masalah kemunculan akun baru, itu adalah badannya yang terasa panas setelah beberapa lama digunakan. Jadi pastikan penempatannya bisa mengoptimalkan pembuangan panas.

 

www.seagate.com
Seagate Concept Store
US$265
3 Tahun

 

 

UjiOktober-SeagateCentral-Inset1

Untuk urusan koneksi, hanya tersedia dua port ini: Ethernet dan USB.

 

UjiOktober-SeagateCentral-Inset2

Kamu bisa memilih periode backup berbagai data kamu di komputer lewat Seagate Dashboard.

 

 

Spesifikasi:

Interface Ethernet
Kapasitas 4TB
Dimensi (plt) 21,6 x 14,5 x 4,2 cm
Bobot 0,98kg

 

 

+ Dukung akses lewat internet, ada aplikasi khusus untuk smartphone dan tablet, punya fungsi backup, dukung DLNA dan iTunes.
–  Hard disk tunggal, akun yang baru dibuat tidak serta merta muncul, panas.

Rating: 7,8