Project 3: UNITY3D Prosedur texturing

heroogeswrks

>>Tutorial Sebelumnya: Project 2: UNITY3D Test Level Design

Sekarang kita akan memulai menghias terrain kita, sebelumnya kamu harus mengimport package terrain asset yang baru yang sudah disiapkan dengan nama  NewTerrainAsset.unitypackage. Cara importnya sama dengan terrain toolkit.

unity_3_f

Isi dari terrain asset kita yang baru lebih banyak daripada standard terrain asset bawaan dari Unity.

Oke, sekarang kita akan memberikan tekstur pada terrain dengan model perbukitan bersalju, :

  • Pilih terrain dan pada Window Inspector kamu, dan buka  Terrain toolkit
  • Pada Terrain Toolkit, pilih “Texture”
  • Tekan tombol “Add texture”.
  • Kamu akan melihat terrain yang  tertutup dengan tekstur sementara berbentuk kotak-kotak. Nah, disini klik tombol “Select” untuk membuka kumpulan texture 2D yang tersedia di dalam project unity kita

unity_3_g

Pilih texture “Clif (Layered Rock)”

unity_3_h

 

  • Kamu akan melihat terrain sudah ditutupi dengan textur rock. Sekarang kita memasukan textur salju dengan cara yang sama, yaitu tekan tombol “Add texture” lalu pilih textur salju (snow).
  • Tapi di sini kamu belum melihat perbedaannya.  Ini dikarenakan tombol “Apply Procedural Texture” belum diklik.

unity_3_i

 

  • Nah, sekarang kamu mendapatkan terrain yang sudah tertutup dengan salju, tapi masih sedikit sekali tampilan layer rock di sana. Kamu bisa mengaturnya dengan fasilitas “Texture Slope”.  Fasilitas ini memungkinkan kamu membagi jatah tiap layer sesuai dengan ukuran yang ditentukan. Di sini kamu bisa memberikan (maksimal) sampai 5 layer / tekstur.

unity_3_j

 

Kita tutup dahulu Terrain tool kit dan kembali ke terrain (script). Tools yang kita pilih di sini adalah “Paint Texture”. Perhatikan bahwa 2 buah tekstur yang kita set di dalam terrain toolkit masuk ke dalam daftar textures. Jika ingin menyunting texturenya, kamu bisa pilih tekstur tersebut dan klik tombol  “edit texture”.

Di dalam jendela edit texture kamu bisa mengubah nilai X dan Y nya. Jika nilainya lebih kecil, maka tampilan tektur akan lebih banyak dan jika nilainya besar, maka tampilan teksturnya menjadi lebih sedikit.

unity_3_k unity_3_l

Sekarang kita akan memasukan tekstur baru. Klik tombol “Add Texture”, lalu pilih tekstur dengan nama “Rock (basic)”.

Di sini kita mulai melukis textur kita sendiri secara manual di permukaan terrain.

unity_3_m

 

Target strength adalah berapa besar tampilan opacity yang tercipta dalam ukuran persen. Jika target strength = 1 maka dihitungnya 100%. Jadi di sini, opacity sebesar 50% akan tampil 50%-nya saja akibat ukuran target strength yang 0.497 itu.

Coba kamu mainkan nilainya sesuai gambar di atas dan kita lihat hasilnya seperti apa di dalam terrain.

Jika kamu melukis textur “rock” terlalu banyak atau menutupi salju, kamu bisa mengaktifkan texture salju dan mulai melukis di atas texture “rock” yang menutupinya. Ini salah satu cara untuk mengoreksi lukisan tekstur yang salah.

Berikutnya, jika kamu memasukan texture lain dan setelah melukisnya kamu mau menghilangkan semuanya. Maka kamu bisa klik tombol “remove Texture”, maka texture tersebut akan hilang, demikian juga area yang tergambar dengan textur tersebut.

Ikuti alur tekstur seperti gambar di bawah ini untuk texture rock, (di sini kita membuat jalur / path untuk jalan).

unity_3_n

 

Sampai bertemu lagi di sesi-sesi berikutnya.

Penulis : Heroges Matrik Niames
bannerwp

Tanggapan Kamu

komentar