WD My Cloud EX4, NAS 16TB yang tak Bikin Kening Berkerut

WD My Cloud EX4JAKARTA, PCplus –  Menginginkan NAS (network-attached storage) yang tak ribet setup-nya tapi berkapasitas besar? Yang punya dukungan RAID? Atau yang mendukung DLNA server dan iTunes? Silakan jajal WD My Cloud EX4 yang memiliki 4-bay. NAS ini  dimotori oleh prosesor 2GHz dan memori 512MB. Kapasitasnya boleh dipilih: 8, 12, atau 16 TB.

Tampang My Cloud EX4 agak kaku, khas perangkat kantoran. Namun ia ‘ramah’. Setup-nya tak berbelit, apalagi bikin kening berkerut. Tak perlu bantuan orang TI. Cukup koneksikan kabel catudaya dan tancapkan kabel Gigabit Ethernet-mu (tersedia dua port). Dalam tempo sekitar 5 menit, NAS akan aktif dan siap dipakai. Eh iya, ada dua port power supply yang tersedia (redundant).

Anggota terbaru WD dalam jajaran My Cloud ini ditujukan pada pengguna rumahan, SOHO (small office home office), dan bisnis skala kecil, juga siapa pun yang mencari storage yang handal untuk menyimpan, berbagi, mem-backup, streaming dan mengelola sejumlah besar data. Untuk bisnis kecil, fitur pendukungnya adalah dual power input, dual Gigabit Ethernet port, dukungan Active Directory. “Kalau satu power supply gagal, langsung pindah. Boleh juga colok satunya ke UPS,” jelas Tirtasaputra Salim (Senior Sales Manager, WD Indonesia) dalam jumpa pers di Jakarta tadi siang (28/11/2013).

Kamu boleh menggunakan  My Cloud EX4 untuk mem- backup semua komputer dan perangkat dengan bantuan software WD SmartWare Pro untuk 10 user (terpaket). Kalau yang kamu colokkan adalah perangkat Mac, kamu bisa memanfaatkan software backup Apple Time Machine.

My Cloud EX4, tutur Simon Whitford (Senior Marketing Manager, APAC Branding Marketing, WD), juga bisa mem-backup dirinya sendiri. Bisa ke My Cloud EX4 di tempat lain, atau ke layanan cloud seperti Amazon S3 dan ElephantDrive. Mau dikoneksikan ke hard disk USB 3.0 juga boleh (ke salah satu dari dua port USB 3.0 yang tersedia).

Kalau memakainya di rumah, kamu bisa menjadikan My Cloud EX4 sebagai pusat hiburan digital untuk menikmati klip video dan musik. Media bisa di-stream ke perangkat multimedia DLNA/UPnP seperti smart TV atau WD TV Live player. Untuk streaming movie berukuran besar atau file-file musik, silakan pakai Twonky 7.2, DLNA-certified 1.5 media server dan iTunes server.

Kalau kamu memasang mobile app untuk Android atau iOS, WD My Cloud, kamu bisa berbagi file, meng-e-maildan mencetak dan membuka file dengan app pihak ketiga.Maka kamu bisa melihat foto, men-stream video dan mengelola file dari mana saja dengan smartphone atau tablet. Mobile app-nya bisa diintegrasikan dengan layanan public cloud (DropBox, SkyDrive, Google Dive). “Sinkronisasi file bisa dilakukan via WD SmartWare Pro,” kata Whitford.

Sebagai proteksi terhadap kehilangan data, My Cloud EX4 mendukung RAID 5 (untuk yang terisi WD Red). RAID 0 (maximum performance, tanpa redundancy), RAID 1 (two disks mirrored), RAID 5+Hot Spare (seperti RAID 5, dengan drive cadangan terpasang dan siap beraksi ketika ada drive yang gagal), dan RAID 10 (nested RAID). Dukungan lainnya adalah spanning dan JBOD mode.

WD menjual NAS-nya ini dalam dua model: driveless enclosure, alias kosongan, dan sudah terisi hard disk WD Red. Kalau kamu mau isi hard disk sendiri,pilihlah driveless enclosure. WD sudah menyiapkan daftar hard disk non-WD  (Seagate, HGST, Toshiba) yang didukung.  Kalau kamu pilih yang sudah dipasangi WD Red, kamu akan bisa menikmati teknologi 3D Active Balance Plus yang bisa meningkatkan kinerja keseluruhan disk, juga kehandalannya.

WD My Cloud EX4, kata Tirtasaputra Salim (Senior Sales Manager, WD Indonesia), melengkapi jajaran NAS WD seri Cloud yang sudah diluncurkan: My Cloud, (2, 3, 4 TB), dan Sentinel (4, 8, 12, 16 TB).

WD My Cloud EX4 dijual dengan harga US$ 475 untuk versi driveless enclosure, US$ 945 untuk kapasitas 8GB, US$ 1119 untuk kapasitas 12TB, dan US$ 1395 untuk kapasitas 16TB. Perangkat ini digaransi selama dua tahun secara terbatas.

Wiwiek Juwono

Senior Editor di InfoKomputer dan PCplus. Memiliki spesialisasi di penulisan fitur, berita, serta pengujian gadget dan asesori komputer