ZTE Kenalkan Eco-Mobius, Smartphone Rakitan Miliknya di CES 2014

Komponen Eco Mobius ZTE ketika dibongkar. Perhatikan bagian baterainya pun bisa ditumpuk untuk mendapat daya tambahan
Komponen Eco Mobius ZTE ketika dibongkar. Perhatikan bagian kiri bawah, baterainya pun bisa ditumpuk untuk mendapat daya tambahan

Las Vegas, PCplus – Dalam gelaran CES 2014, ZTE menunjukkan prototipe smartphone miliknya yang bisa dibongkar pasang. Maksudnya kamu bisa membongkar pasang tiap bagian telepon yang kamu inginkan. Kamu bisa bongkar pasang kamera, baterai, display, hingga dalemannya seperti prosesor, RAM, penyimpanan, dan GPU. Mirip-mirip dengan konsep PC rakitan dimana kamu bisa menentukan sendiri komponen apa yang ingin kamu gunakan untuk PC-mu. Sebelumnya, Motorola juga sudah mengumumkan konsep serupa yang dinamakan Project Ara.

Namun, hingga saat ini Motorola belum memperkenalkan prototipe dari perangkatnya itu ke publik. Sementara di arena CES 2014, ZTE memperkenalkan Eco-Mobius sebagai prototipe smatphone rakitannya. Sayangnya, prototipe ini hanya bisa dilihat tanpa bisa disentuh, seperti dilansir The Verge. Sayangnya menurut perwakilan ZTE yang ada di booth menyebutkan bahwa perusahaan itu tak akan memproduksi smartphone ini dalam waktu dekat. Sebab, prototipe ini hanyalah konsep yang dibayangkan oleh ZTE untuk smartphone masa depan. Sebab, masih banyak kesulitan yang belum bisa terjawab untuk mewujudkan ponsel seperti ini.

Ponsel tipis dan bisa dibongkar pasang ini berhasil memenangkan Red Dot Design
Ponsel tipis dan bisa dibongkar pasang ini berhasil memenangkan Red Dot Design

Dalam pameran teknologi awal tahun ini, ZTE memperlihatkan prototipe smartphone dan tablet dari perangkat ini. Dengan konsep Eco-Mobius ini ZTE menekankan pada prinsip hijau yang dibawanya. Sebab, pengguna tak perlu mengganti keseluruhan ponsel ketika salah satu komponennya rusak atau sudah ketinggalan zaman. Pengguna juga bisa dengan mudah mengganti kamera ponselnya dengan lensa yang sesuai dengan kebutuhan pemotretan saat itu. Antara satu komponen dengan komponen lainnya terhubung dengan meluncurkannya di rel yang sudah disediakan. Sementara beberapa kompoenen lain seperti CPU, GPU, dan RAM akan melekat dengan magnet, seperti dilansir ubergizmo. Wah, asyik banget nih kalau konsep ini sudah dipasaran. Oiya, ponsel rakiatan tipis ala ZTE ini juga berhasil memenangkan Red Dot Design 2013 loh.

Eka Santhika

Travelling di dunia digital dan dunia nyata ^^