Cisco Buka Pasar Online Untuk UKM

20140225-184714.jpg

Jakarta – Cisco kini membuka pasar online (marketplace) untuk melayani para pelaku UKM di Indonesia. Pasar online ini bisa kamu temukan di beli.cisco.com. Sayangnya, ini bukan pasar online untuk consumer yang biasa kamu temukan, loh. Jadi, jangan harap ada tampilan produk-produk Cisco berjejer untuk langsung kamu lihat dan beli. Sebab, untuk bisa membeli produk atau memanfaatkan solusi yang disediakan partner Cisco di pasar ini kamu perlu login terlebih dulu.

Dengan sistem login seperti ini, Cisco sadar ada potensi kehilangan pasar. Namun ini sengaja dilakukan karena Cisco karena mereka ingin menciptakan pasar dengan komunitas tertutup, seperti dijelaskan Veronique Boudaud, Senior Director for Technical Sevices for Cisco in Asia Pasific and India. Menurutnya, pasar dengan komunitas tertutup seperti ini bisa meningkatkan keamanan berbelanja, karena semua yang bermain didalamnya sudah terindentifikasi.

Keamanan bagi pembeli dilakukan dengan melakukan kontrol terhadap penjual dengan menerapkan proses sertifikasi terlebih dulu. Dengan demikian, pembeli bisa mendapat jaminan bahwa harga yang mereka peroleh memang merupakan harga resmi. “Kami punya sistem di belakang untuk menganalisa apakah harga yang ditetapkan oleh penjual masuk akal. Untuk menghindari perang harga, kami juga menetapkan batas bawah untuk tiap produk,” jelas Budi Santoso, Managing Director ASEAN Enterprise and SMB.

Dalam demo produknya, Cisco menunjukkan bahwa pembeli bukan hanya bisa melihat dan membeli produk per produk. Tapi pembeli juga bisa mengajukan proyek tertentu. Cisco mencontohkan proyek pemasangan Wifi untuk sekolah dengan 1000 orang siswa. Jika proyek sudah dilayangkan, para partner Ciscolah yang akan menanggapi proyek tersebut dengan tawaran solusi mereka masing-masing. Kamu sebagai pembuat proyek tinggal memilih partner mana yang paling cocok. Kalau kamu kesulitan mencari partner Cisco terdekat didaerahmu, kamu juga bisa memanfaatkan fitur pencarian yang ada di dalam situs ini.

Sistem login ini disebutkan Vero juga menguntungkan bagi penjual. Karena Cisco akan memanfaatkan data ini untuk membuat analisa pasar. “Namun kami sangat menjamin kerahasiaan data pelanggan tentunya, kami tidak akan memanfaatkannya dengan pihak ketiga,” jelas Vero. Oiya, para partner Cisco bisa membuat toko online gratis disini. Dan untuk bisa menjadi certified partner Cisco, kamu bisa langsung mendaftar di situs ini juga.

Dengan adanya pasar ini Cisco berharap dapat memudahkan partner dan calon pengguna untuk membeli dan menggunakan solusi mereka. Bagi pengguna mereka bisa menemukan partner terpercaya, dan bagi penjual mereka bisa melebarkan pasar lewat internet. Untuk layanan purnajual, partner bisa menambahkan jasa layanan mereka sendiri. Cisco juga menyediakan layanan purnajual Smartnet untuk penggantian sparepart dan lainnya. Tentu dengan biaya tambahan.

Sayangnya, untuk masalah pembayaran, Cisco masih menerapkan sistem offline. Jadi pembeli harus mengubungi partner Cisco ketika pembayaran akan dilakukan. Meski demikian, Vero berdalih bahwa dengan cara ini para partnernya bisa melakukan personalisasi layanan kepada pengguna.

Eka Santhika

Travelling di dunia digital dan dunia nyata ^^

Leave a Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: