Fitur-fitur Baru di OneDrive

Microsoft-oneDriveSecara resmi akhirnya SkyDrive mengganti nama menjadi OneDrive pada 19 Februari lalu. Meski secara garis besar apa yang ditawarkan masih sama, tetapi ternyata OneDrive memiliki fitur tambahan yang cukup menarik. Selain diklaim telah mengalami peningkatan kinerja serta memperbaiki segala kekurangan pada SkyDrive, OneDrive juga menambahkan beberapa fitur baru guna melengkapi fungsi utamanya sebagai layanan simpan berbasis cloud.

1. Kapasitas lebih besar
Kini OneDrive menawarkan kapasitas simpan gratis yang lebih besar. Cukup dengan mengaktifkannya saja, secara otomatis kamu akan mendapatkan tambahan kapasitas sebesar 3GB dari sebelumnya yang menyediakan 7GB. Berarti dari sini saja kamu sudah mendapatkan total 10GB. Pengguna juga masih bisa menambah kapasitas tersebut. Jika kamu berhasil mengajak rekan atau kerabat untuk mendaftarkan akun di OneDrive, maka akan mendapatkan tambahan 500MB per akun. OneDrive membatasi tambahan kapasitas ini hingga 5GB, sehingga jika dimaksimalkan pengguna bisa mendapatkan kapasitas hingga 15GB dengan gratis.

2. Kolaborasi secara real-time
OneDrive terintegrasi dengan layanan Office 365 milik Microsoft, seperti pada SkyDrive. Hanya saja OneDrive menambahkan fitur kolaborasi yang benar-benar real-time. Sebelumnya, dokumen bisa dishare dan disunting dengan pengguna lain namun tidak secara bersamaan. Pengguna pun tidak bisa melihat secara langsung proses penyuntingan yang dilakukan pengguna lain. Kini OneDrive menawarkan kolaborasi yang bisa dilakukan secara bersamaan.

3. Video-sharing yang lebih baik
Kini OneDrive menawarkan fitur berbagi video yang disempurnakan. Jika pengguna lain ingin mengakses suatu video, secara otomatis OneDrive akan mendeteksi kecepatan internet yang dimiliki pengguna tersebut dan menyesuaikannya dengan kualitas video yang ada. Jika koneksi sedang lambat, kualitas video akan turun. Dan jika koneksi sedang bagus maka kualitas akan ditingkatkan. Hal ini menambah kenyamanan pengguna saat menikmati konten video dalam kondisi apapun.

4. Automatic Photo Upload
Fitur ini awalnya hanya disediakan bagi pengguna iOS dan Windows Phone 8 saja, namun belakangan pengguna Android pun bisa menggunakannya. Hasil jepretan foto akan otomatis terunggah ke OneDrive selama pengguna telah mengaktifkan akun dan memiliki koneksi internet aktif.

5. Aplikasi di Windows Phone
Meski pengguna smartphone berbasis Windows Phone (WP) tidak sebanyak Android ataupun iOS, OneDrive tetap memfokuskan aplikasi tersebut bagi penggunanya. Tentu saja karena WP dan OneDrive merupakan produk besutan Microsoft. Aplikasi OneDrive di WP menyediakan banyak fitur tambahan lainnya. Antara lain menampilkan folder OneDrive di Start Screen, berbagi beberapa item secara bersamaan, serta tampilan thumbnail baru yang lebih menarik.