Indonesia jadi Top 3 Pengguna Opera Mobile Store Dunia

opera-mobile-storeJAKARTA, PCplus –  Kamu yang punya gadget seperti smartphone dan tablet, juga aktif di jagat maya pasti pernah mengunjungi Opera Mobile Store. Ah, jangan-jangan kamu malah sudah pernah belanja di toko aplikasi mobile kelima terbesar di dunia itu.

Faktanya, para pengguna dari tanah air tercinta kita ini telah membuat Indonesia masuk dalam Top 3 pengguna Opera Mobile Store tahun 2013. Ya, Indonesia, begitu tulis Opera Software, merupakan negara ketiga terbesar pengguna Opera Mobile Store. Di atas Indonesia adalah India dan Amerika Serikat.

Dalam rilis persnya, Opera Software mengatakan bahwa penggunduhan aplikasi Android tahun 2013 nyaris menyamai aplikasi Java. Aplikasi Android diunduh 42,7%, naik 16,8% dibandingkan tahun sebelumnya.

Opera Mobile Store pertama kali diperkenalkan September 2011. Dalam tempo dua tahun, toko aplikasi mobile tersebut berhasil mencatatkan angka 100 juta pengunjung per bulan. Kuartal 4 tahun lalu, Opera Mobile Store menyebutkan 105 juta pengunjung per bulannya. Jumlah aplikasinya, kata CEO Opera Software Lars Boilesen, meningkat 5x. Saat ini Opera Mobile Store menyediakan lebih dari 200 ribu aplikasi mobile dan game antarplatform (Android, Java, BlackBerry, Symbian, iOS).

Kamu bisa mengakses Opera Mobile Store melalui mobile browser Opera Mini, Mobile Classic dan Opera for Android. Kalau dari ponsel, masuklah ke apps.opera.com. 

Wiwiek Juwono

Senior Editor di InfoKomputer dan PCplus. Memiliki spesialisasi di penulisan fitur, berita, serta pengujian gadget dan asesori komputer

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.