Mengintip Hebatnya Galaxy S5

samsung-galaxy-s5-colours

Barcelona, PCplus – Pagi tadi, sekitar pukul 2 dini hari Waktu Indonesia Barat, atau Senin waktu Barcelona, presiden dan CEO divisi mobile komunikasi Samsung mengenalkan Samsung Galaxy S5, varian baru dari keluarga smartphone Galxy yang menyasar kelas premium. S5 memang sudah ditunggu, rumornya pun telah banyak beredar demi menjawab akan sehebat apa S5 ini.

Serba Bertenaga

Seperti seri premium Galaxy terdahulu, Galaxy S5 pun dirancang dengan spesifikasi yang wah. Ia berbekal prosesor Qualcomm Snapdragon 805 yang memiliki 4 inti (quad core). Bukan itu sebenarnya yang istimewa, melainkan frekuensi inti prosesor yang berjalan pada kecepatan 2,5 GHz.  Prosesor gesit tadi disandingkan Samsung dengan memori sistem (RAM) 2GB. Beberapa rumor sempat menyebut bahwa S5 bakal memakai prosesor 64-bit, nyatanya hal tersebut tidak terbukti setidaknya di seri ini.

Android Kitkat (4.4) dipilih sebagai sistem operasi Galaxy S5 dan dilengkapi dengan antarmuka TouchWiz khas Samsung. Supaya mendapat energi yang cukup, ada baterai berkapasitas 2800 mAh yang diklaim Samsung bisa mentenagai handset hingga 21 jam waktu bicara.

Ada pilihan antara 16GB dan 32GB untuk penyimpan data internal di S5, dan kamu masih bisa menambahkannya (lewat kartu microSD) jika dirasa kurang.

Di sisi konektifitas pun Samsung tak mau tersalip oleh pesaingnya dengan membekali koneksi WIFI standar AC serta dukungan jaringan Long Term Evolution (LTE) 4G. Yang unik di S5 adalah fitur Download Booster. Fitur ini bisa menggabungkan koneksi WIFI dan 4G secara simultan saat kamu mengunduh data.

samsung-galaxy-s5-front-black

Tahan Air

Desain perangkat S5 tak ketinggalan didandani. Jika generasi S sebelumnya berbekal material plastik, S5 agak berbeda. Ada material sejenis kulit yang membungkus bagian belakang smartphone. Sebebarnya material tadi dibangun dengan campuran polikarbonat dan kaca fiber sehingga lebih mantap saat digenggam.

Satu yang baru adalah adopsi standar IP67 waterproofing pada S5. Standar ini memungkinkan kamu menyelupkan S5 ke dalam air selama sekitar 30 menit. Tidak cuma air sebenarnya, debu atau partikel halus pun bsia dicegah masuk ke sela-sela handset.

Besar Dengan Kamera Canggih

Ukuran layar S5 5,1 inci dengan resolusi 1920 x 1080. Samsumg masih menggunakan AMOLED untuk layarnya. Banyak yang semula mengira Samsung bakal memakai resolusi yang lebih tinggi (QHD), namun nyatanya, produsen asal Korea ini masih bertahan di resolusi Full HD.

Kalau dibalik, kamu akan menemukan kamera 16 megapiksel dengan fitur fokus otomatis dan flash LED. Kamera ini dilengkapi dengan banyak fitur pemotretan populer, seperti HDR, post shot focus serta fokus otomatis yang super cepat. Samsung bahkan mengklaim kamera di S5 bisa mencari fokus hanya dalam waktu 0,3 detik

Lebih Aman

Tepat di bawah kamera terdapat pemindai sidik jari, buat apa? Jawabannya pengamanan tambahan instan. Pemindai sidik jari ini punya 3 fungsi, pertama ia bisa dipakai untuk membuka kunci smartphone. Fungsi kedua adalah kunci otentikasi ketika kamu ingin melakukan pembayaran online, misalnya lewat PayPal. Dan fungsi terakhir sebagai proteksi dokumen yang hanya bisa dibuka dengan pola sidik jari kamu.

samsung-galaxy-s5-copper-gold

Kira-kira perangkat secanggih ini dijual berapa ya? PCplus belum mendapat informasi resmi tetang harga jual Samsung Galaxy S5. Yang pasti Galaxy S5 baru resmi diluncurkan pada 11 April mendatang untuk 150 negara. Oh ya, Galaxy S5 bakal hadir dalam 4 warna keren, yakni Charcoal Black, Shimmery White, Electric Blue dan Copper Gold.

Spesifikasi Samsung Galaxy S5

  • Layar: 5.1” FHD Super AMOLED (1920 x 1080)
  • Prosesor: 2.5GHz Quad core application processor
  • RAM: 2GB
  • Ruang Simpan: 16/32GB
  • Dukungan MicroSD: sampai 128GB
  • Sistem Operasi: Android 4.4.2 KitKat
  • Dukungan Koneksi: WiFi: 802.11 a/b/g/n/ac HT80, MIMO(2×2); Bluetooth: 4.0 BLE / ANT+; USB: USB 3.0; NFC; IR Remote
  • Kamera: 16MP (belakang), 2.0MP (depan)
  • Batere: 2800mAh
  • Sensor: Accelerometer; gyro; proximity; compass; barometer; Hall; RGB ambient light; Gesture(IR); Finger Scanner; Heart rate sensor

Brama Setyadi

Is a sushi and wife lover. Always curious about any "magic" done by technology. Photography is also my middle name.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.