Tutorial Photoshop: Membuat Efek Es Pada Teks

Hasil AkhirKali ini PCplus akan memberikan tutorial untuk membuat tampilan teks dengan sentuhan nuansa balok es. Untuk membuatnya dibutuhkan beberapa eksperimen guna mendapatkan hasil yang sempurna. Jadi jika hasil akhir agak berbeda, kamu bisa mengkreasikannya sendiri sesuai dengan kreatifitas. PCplus menggunakan Adobe Photoshop CS3, namun bisa pula diterapkan pada versi lain dengan beberapa langkah yang sedikit berbeda. Berikut langkah-langkahnya:
Office 2010 Programs プロダクトキー

1.    Buat file baru

File>New, beri nama, isi kolom Width 1280 pixels, Height 720 pixels, Resolution 300 pixels/inch, Color Mode RGB Coler 8 bit dan Background Contents White. Klik Ok.

2.    Buat latar

Buat latar menggunakan gradasi warna. Pilih Gradient Tools, klik Gradient Editor, pilih warna biru pada awal dan abu-abu pada bagian akhir. Tarik garis lurus secara vertikal ditengah-tengah gambar dan lepaskan, maka latar belakang warna gradasi biru akan terbentuk.

3.    Masukkan teks

Buat teks, pilih font Cooper Std, tentukan ukuran 60 px, dan warna hitam, ketikkan PCPLUS. Pada langkah ini kamu bisa membuatnya sesuai keinginan, tapi pastikan teks menggunakan warna hitam.

4.    Beri efek pada teks

Selanjutnya kita akan membuat teks dengan variasi efek. Klik Filter>Liquify, klik OK dan akan tampil jendela baru. Kamu tinggal memvariasikan teks tersebut dengan cara menyunting satu persatu huruf yang ada sesuai kreasi sendiri. Klik Ok dan lihat hasilnya.

5.    Filter clouds

Klik Layers dan kunci layer PCPLUS dengan fitur Lock transparent pixels. Lalu klik Filter>Render>Clouds. Kemudian Edit>Stroke, isi kolom Width 7 px, Location Inside, Opacity Normal, klik Ok. Klik Filter>Blur>Gaussian blur, pilih Radius 6 pixels, klik Ok.

6.    Duplikat layer

Buat duplikat layer PCPLUS dengan tekan tombol Ctrl+J. Untuk memudahkan tutorial ini, ganti nama PCPLUS menjadi Plastic, dan file duplikatnya menjadi Chrome. Karena keduanya akan menggunakan efek-efek tersebut. Aktifkan layer Plastic, dan untuk sementara hilangkan dulu tanda icon mata pada layer Chrome. Klik Artistic>Plastic wrap, atur opsi yang ada dan klik Ok.

7.    Tambah efek

Aktifkan kembali icon mata pada layer Chrome, dan aktifkan layer ini. Klik Filter>Sketch>Chrome, atur opsi yang ada dan klik Ok. Masih dilayer Chrome, tekan tombol Ctrl, klik icon Chrome, tekan tombol Ctrl+i, klik Select>Deselect, maka teks akan berubah menjadi lebih terang.

8.    Ubah layers

Ubah layers Plastic dan Chrome menjadi Ovelay, dan buat duplikat layer Plastic dan ubah ke pilihan Soft Light dengan Opacity 80%. Buat layer baru dan beri nama kilau. Aktifkan layer Kilau dan klik icon Brush Tool, pilih bernuansa bintang dengan pilihan ukuran yang sesuai pilihan kamu. Jangan lupa untuk mengubahnya ke warna putih. Gunakan efek ini pada bagian ujung teks sehingga akan terlihat berkilau.

9.    Buat bayangan

Gabung semua layers kedalam satu grup, klik Create A New Group, dan kumpulan semua layers kedalamnya ke menggesernya. Beri nama grup tersebut menjadi Teks. Gandakan grup tersebut dengan membuat duplikatnya, klik Duplicate Group dan beri nama Pantulan. Geser posisi Pantulan agar berada dibawah Teks. Klik Edit>Transform>Flip Vertical. Maka tulisan PCPLUS akan tampak bertumpuk, geser tulisan ini sehingga ke bawahnya.

10.  Pantulan teks

Klik Add Layer mask pada layers Pantulan, klik Gradient Tool, pilih gradasi Black and White, tarik garis lurus pada tulisan pantulan hingga sebagian gambarnya menjadi transparan, lakukan terus hingga mendapatkan gambar yang diinginkan.
Office 2011 for MAC プロダクトキー

Selamat Mencoba

Tanggapan Kamu

komentar