Ada yang Mau Gratis Plesir ke Singapura?

50 'patung' merlion bisa memberangkatkan kamu ke Singapur
50 ‘patung’ merlion bisa memberangkatkan kamu ke Singapur

JAKARTA, PCplus – Singapura adalah negara tetangga terdekat kita. Kendati kecil, kota yang merangkap sebagai negara ini menjadi tujuan favorit wisatawan, termasuk dari Indonesia.

Tahun lalu, 2013, begitu ungkap Kenneth Lim (Regional Directorq, Singapore Tourism Board) dalam jumpa pers di Jakarta tadi siang (13/3/2014), Indonesia tercatat sebagai negara no.1 dalam jumlah pengunjung. Sebanyak 2,279 juta warga Indonesia berkunjung ke Singapura pada kurun Januari – September 2013. atau tumbuh 9% dari perioda sama tahun sebelumnya. Untuk jumlah pengunjung, Indonesia mengungguli Cina yang berjumlah 1,907 juta.

Mayoritas pengunjung, ungkap Lim, berasal dari Jakarta. Urutan kedua adalah Surabaya, diikuti oleh Medan, Jogjakarta, dan Bandung. Di negeri singa tersebut, para warga kita membelanjakan uang sebesar 2,235 juta dolar Singapura. Jumlah ini cukup besar, karena pembelanjaan total dari 15,5 juta turis di Singapura berjumlah 24,5 miliar dolar Singapura. Tak heran jika Lim menyatakan Indonesia sangat penting bagi turisme negaranya.

Tahun ini, 2014, Singapura menargetkan kedatangan 16,3 – 16,8 juta turis dengan nilai pembelanjaan 23,8 – 24,6 miliar dolar Singapura. Untuk itu setiap tahun diadakan sesuatu yang baru agar mereka yang pernah berkunjung datang lagi.

Tahun ini, beberapa magnet turis adalah turnamen tenis WTA Championship (17 – 26 Oktober) di Sports Hub indoor stadium seluas 35 hektar di kawasan Kallang. Sementara atraksi baru antara lain adalah River Safari yang mengarungi sungai di kawasan Resort World Sentosa, pameran bunga War of Roses (25 Februari – 6 April) yang melibatkan 5000 ros dari 60 variasi, dan Tulipmania yang memamerkan 25 ribu bunga Tulip dari Belanda (14 April – 4 Mei) di Gardens by the Bay, serta kehadiran museum patung lilin Madame Tussaud di Imbiah Lookout.

Kalau kamu suka musik, ada Grease the Musical (25 April – 11 Mei) di Marina Bay Sands. Andai senang sejarah purbakala, ada Dinosaurs Dawn to Extinction (25 Januari – 27 Juli).

“Singapura tetap menjadi tujuan menarik,” tegas Lim.

Nah agar wisatawan Indonesia makin tertarik berkunjung, biro turis Singapura secara khusus menggelar kampanye Only in Singapore, Right Now di mal Central Park, Jakarta. Begitu kata Michelle Wooi (Indonesia Area Director, Singapore Tourism Board).

Di area terbuka dijajarkan 50 merlion (singa laut) yang merupakan simbol Singapura. Di dalam mal, kamu akan menemukan perahu yang didampingi pelikan orange atau macan, juga hamparan bunga tulip warna-warni, yang mencerminkan sebagian atraksi di Singapura.

Silakan berfoto selfie di situ, lalu unggah ke Twitter, berikut angan-anganmu. Jika beruntung, kamu bisa gratis berlibur di Singapura loh. Mau tahu syaratnya? Silakan klik www.yoursingapore.com/live. Kamu juga bisa mem-follow @singasik di Twitter dan “like’ Facebook fanpage YourSingapore.

 

 

 

 

 

 

Wiwiek Juwono

Senior Editor di InfoKomputer dan PCplus. Memiliki spesialisasi di penulisan fitur, berita, serta pengujian gadget dan asesori komputer

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.