Android OS Kuasai Pasar Tablet

Galaxy_Note_ProJAKARTA, PCplus – Di tablet, Android benar-benar berjaya sekarang. Sistem operasi open source Google tersebut kini menguasai 61,9% pangsa tablet. Angka ini jauh di atas iOS (iPad dan iPad mini) yang mencatatkan penguasaan 36%. Begitu menurut data yang diterbitkan lembaga riset internasional Gartner.  

Di seluruh dunia tahun lalu, konsumen membeli lebih dari 195 juta tablet, atau meningkat 68% dibandingkan tahun 2012. Pertumbuhan luarbiasa ini dipicu oleh perangkat berharga murah dengan layar yang lebih kecil.

“Pada 2013, tablet menjadi fenomena utama, dengan banyak pilihan tablet berbasis Android dengan harga minim tapi spesifikasi yang memadai,” kata Roberta Cozza (Research Director, Gartner). Menurutnya, dengan makin menjamurnya tablet Android, tahun ini para vendor seharusnya memperhatikan device experience, teknologi dan nilai ekosistem, dan bukan hanya menekankan hardware dan biaya. Ini untuk menjaga loyalitas terhadap merek dan juga menggenjot margin. Begitu kata Cozza.

 

Pasar tablet memang sudah jauh berbeda dibandingkan tahun 2012. Dua tahun lalu, Apple masih meraja dengan iPad-nya yang menguasai 52,8% pasar tablet. Ketika itu Android duduk di peringkat kedua dengan pangsa pasar 45,8%. Microsoft ada di anak tangga ketiga dengan penguasaan pasar 1%.
Kendati sekarang Android menjadi platform dominan dalam hal pengiriman, Apple ternyata masih jawara dalam urusan penjualan dibandingkan para vendor lainnya. Tahun lalu, 2013, Apple menjual lebih dari  70,4 juta iPad. Samsung menjual 37,4 juta tablet, diikuti oleh Asus (11 juta), Amazon (9,4 juta) dan Lenovo (6,5 juta).

Wiwiek Juwono

Senior Editor di InfoKomputer dan PCplus. Memiliki spesialisasi di penulisan fitur, berita, serta pengujian gadget dan asesori komputer

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.