Jelang Ajal Windows XP, Microsoft Keluarkan Update Sekuriti (Terakhir?)

Windows-XP-helpJAKARTA, PCplus – Microsoft telah merilis preview dari March Patch Tuesday release, yang memuat security bulletin terakhir untuk Windows XP. Dari lima update sekuriti yang akan diberikan Microsoft, dua di antaranya kritikal, yang akan menambal celah terbuka di Internet Explorer (IE) yang telah dieksploitasi para peretas (hacker) sejak Januari lalu.

Buletin pertama adalah untuk IE semua versi, mulai dari v6 sampai v11. Buletin kedua adalah untuk Windows, mempengaruhi semua versi Windows: Windows XP sampai Windows Server 2012, kecuali Windows RT.

Buletin ketiga dan keempat akan mengatasi celah penting tapi tidak kritikal di Windows. Sementara buletin kelima  ditujukan pada pengguna Silverlight di Mac dan Windows.

Januari lalu sebenarnya Microsoft sudah merilis patch untuk celah Remote Code Execution bagi versi terbaru IE agar terlindung dari serangan berbasis web. Nah, buletin March Patch Tuesday ini memperbarui buletin Januari itu.

Microsoft berencana menghentikan dukungan patch bagi Windows XP pada 8 April mendatang. Padahal pengguna OS tua ini di kalangan perusahaan pun masih banyak.  Banyak yang enggan beralih ke versi baru. Di Inggris misalnya, 40% perusahaan masih dalam tahap akan upgrade.

Wiwiek Juwono

Senior Editor di InfoKomputer dan PCplus. Memiliki spesialisasi di penulisan fitur, berita, serta pengujian gadget dan asesori komputer

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.