Dipasarkan, Dual Drive Portabel WD untuk Mac

wd my passport proJAKARTA, PCplus – Tahun ini diperkirakan sekitar 1,25 triliun foto akan dihasilkan di seluruh dunia, baik yang diambil dengan kamera digital atau perangkat mobile. Sekitar 822 miliar dari foto tersebut akan dipamerkan di Internet, e-mail dan jejaring sosial. Sementara sekitar 300 juta foto yang setara dengan konten sebesar 4,5 miliar MB akan dihasilkan oleh fotografer profesional.

Luar biasa bukan? Bagaimana jika kamu mau menyimpan file-file digitalmu atau mengambilnya dari Internet? Kalau koneksi Internet-mu cepat, ya tidak masalah. Namun kalau lambat? Pasti prosesnya menjengkelkan deh.

Jika tak mau terhambat seperti itu, kamu yang menggunakan Mac bisa memanfaatkan WD My Passport Pro. Ini adalah hard disk eksternal dual drive 2,5” yang menawarkan koneksi Thunderbolt dan fungsi RAID. Kapasitasnya 2 atau 4 TB. Dibandingkan FireWire 800, dan USB 3.0, kinerjanya lebih unggul. WD mengatakan, My Passport Pro mendukung kecepatan transfer sampai 233MB/s.

Diperkenalkan di Jakarta akhir pekan lalu (23/5/2014), WD My Passport Pro diklaim mampu mentransfer file film HD sebesar 22GB atau berdurasi 2 jam hanya dalam waktu 1 menit 43 detik. Ini berarti 2x lebih cepat dibandingkan koneksi USB 3.0 pada format RAID 0. Sejumlah 2000 file MP3 yang rata-rata berukuran 5MB pun tuntas dipindahkannya dalam 46 detik saja. Kalau foto? Hmm, 500 foto dengan rata-rata ukuran 5MB cuma perlu waktu 12 detik kok.

O ya karena kabel Thunderbolt-nya terintegrasi, kamu bisa menggunakannya tanpa bantuan power adapter atau kabel tambahan. Sementara fungsi RAID yang tersedia bisa dipilih antara RAID 0 (data striping) untuk kinerja tinggi, dan RAID 1 (mirroring) untuk data redudancy.

WD menujukan My Passport Pro pada kalangan fotografer, videografer, musisi, desainer grafis, arsitek, dan siapa pun yang sangat tergantung pada storage portabel yang handal dan cepat.  Produk ini dijajakan US$ 325 untuk kapasitas 2TB dan US$ 479 untuk kapasitas 4TB

Wiwiek Juwono

Senior Editor di InfoKomputer dan PCplus. Memiliki spesialisasi di penulisan fitur, berita, serta pengujian gadget dan asesori komputer

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.