Yang Baru di Windows 8.1 Update 1

ilustrasi-2

Pada 8 April lalu, Microsoft secara resmi meluncurkan pembaruan yang cukup signifikan pada Windows 8.1 dengan nama tambahan Update 1. Pembaruan ini dilakukan guna lebih mendekatkan jarak antara pengguna layar sentuh dengan pengguna desktop berbasis mouse dan keyboard. Karena tidak bisa dipungkiri bahwa banyak pengguna Windows yang masih terasa janggal menggunakan Windows 8 yang lebih ditujukan bagi penggunaan layar sentuh. Oleh karena itu beberapa pembaruan yang ada memang lebih menitik beratkan kemudahan penggunaan, tidak hanya bagi pengguna layar sentuh tetapi juga pengguna yang terbiasa menggunakan keyboard dan mouse. Bagi Anda yang belum melakukan update, disarankan untuk segera melakukannya seperti pada panduan yang pernah PCplus bahas. Berikut beberapa pembaruan yang disertakan pada Windows 8.1 Update 1:

Tombol baru

satu

Kini Microsoft makin memberikan kemudahan pada pengguna dengan menghadirkan dua tombol untuk mengakses fungsi Power dan Search. Dua tombol ini terletak di pojok kanan atas layar Start bersebelahan dengan gambar akun pengguna. Dari sini pengguna akan lebih mudah mematikan PC ataupun menggunakan fungsi Search untuk mencari sesuatu. Asiknya lagi, tombol Shutdown akan langsung mematikan sistem tanpa harus masuk ke lock screen. seperti pada versi sebelumnya.

Taskbar yang lebih ‘ramai’

dua

Sebelumnya tampilan multitasking dari aplikasi yang sedang berjalan akan disembunyikan pada menu Charm. Kini aplikasi desktop maupun aplikasi dari Windows Store yang sedang berjalan akan ditampilkan juga di taskbar. Ini akan lebih memudahkan pengguna jika ingin mengakses kembali atau berpindah ke aplikasi yang akan digunakan.

Akses taskbar dari mana saja

tiga

Taskbar tidak hanya bisa dilihat melalui tampilan desktop saja, tetapi juga pada saat pengguna berada pada tampilan Modern UI. Untuk menampilkan taskbar pada mode Modern UI, Anda tinggal mengarahkan mouse ke tepi bawah layar.

Langsung ke desktop

empat

Kini Windows 8.1 Update 1 akan langsung masuk ke mode desktop dan bukannya Modern UI. Untuk mengembalikan ke kondisi semula juga mudah dan bisa dilakukan setiap saat. Hal ini bertujuan untuk memudahkan bagi mereka yang masih enggan atau canggung menggunakan tampilan Modern UI.

Pilihan menu Tile

lima

Kini menu Tile menyediakan lebih banyak pilihan. Saat klik kanan pada Tile, pengguna akan melihat pilihan context menu yang menampilkan pilihan untuk mengutak-atiknya.

Temukan aplikasi

enam

Jika ingin mencari aplikasi, Anda bisa mendapatkannya melalui Windows Store. Kini pencarian bisa pula langsung dilakukan melalui fungsi Search ataupun Bing Smart Search, termasuk menampilkan hasil pencarian aplikasi yang disarankan.

Mengingat aplikasi yang telah terpasang

tujuh

Setelah memasang aplikasi, pada mode Metro UI, Anda akan mendapati pesan yang tampil pada posisi di pojok kiri bawah layar. Pesan yang ditampilkan merupakan pemberitahuan mengenai aplikasi apa saja yang telah Anda pasang.

Internet Explorer 11

delapan

Versi terbaru dari peramban besutan Microsoft sudah termasuk dalam Windows 8.1 Update 1. Ada dua fitur baru yang diunggulkannya adalah kemampuan untuk menyelaraskan tab dan favorit dengan perangkat lain, termasuk bagi mereka yang menggunakan Windows Phone 8.1. Serta mode enterprise yang memungkinkan pengguna bisnis untuk menjalankan situs tertentu yang tadinya hanya bisa dijalankan pada Internet Explorer 8.

Minimize dan close aplikasi

sembilan

Sejak Windows 8, pengguna baru akan sedikit kebingungan saat hendak menutup atau meminimalkan tampilan aplikasi yang sedang berjalan pada tampilan Modern UI. Meletakkan mouse di bagian atas layar dan menggesernya ke bawah untuk menutup aplikasi bisa membuat sebagian orang kurang nyaman menggunakannya. Untuk itu Microsoft menampilkan lagi ikon minimize dan close yang biasa ditempatkan pada sudut atas.

Dayu Akbar

Penulis PCplus dengan spesialisasi review produk dan tutorial. Menyukai hentakan musik metal dan makan enak.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.