FZ-M1, Tablet Enterprise Panasonic  yang Tahan Jatuh

PanasonicToughpadFZ-M1JAKARTA, PCplus – Mungkinkan sebuah tablet Windows yang ditujukan pada enterprise dengan fisik tipis tetapi tahan banting? Menurut Panasonic bisa saja.

Maka disodorkanlah Panasonic ToughPad FZ-M1 dengan ketebalan badan mulai dari 0,7”. Sesuai namanya, tablet 7” dengan bobot 540 gram ini tangguh. Ia mengantongi sertifikasi Departemen Pertahanan AS MIL-STD-810G yang menjamin tablet tetap bisa beroperasi kendati terjatuh,  terguncang, tergetar dari ketinggian maksimal 5 kaki, atau dioperasikan di suhu dan kelembaban ekstrim.

Spesifikasi IEC IP65 pun dipenuhinya. Jadi Jadi debu tidak akan bisa masuk ke dalam perangkat. Selain itu air yang disemprotkan dari selang dari sebarang arah tidak akan membuat tablet yang tidak memiliki kipas ini rusak. Panasonic juga sudah mendaftarkan tablet yang dirancang tanpa kipas ini untuk sertifikasi ANSI 12.12.1 (Class1, Div2), yakni penggunaan di lingkungan pembakaran.

“Dengan pengalaman selama hampir 20 tahun di ranah komputer tangguh bergerak, Panasonic Toughbook memahami bahwa sebagian besar pekerja bergerak membutuhkan alat yang dapat mereka andalkan dalam kondisi paling menantang sekalipun agar mereka dapat menyelesaikan pekerjaan tanpa kompromi,” jelas Satoshi Mizobata (Director of Toughbook Asia Pacific Group) dalam rilis persnya. Ia menambahkan, Toughpad FZ-M1 ideal bagi pekerja yang harus bisa mengakses data yang dibutuhkannya kapan saja.

Menurut Panasonic, berbeda dengan tablet dan produk pesaing, FZ-M1 memberikan manajemen siklus hidup yang lebih baik dan lebih lama sehingga berakibat pada rendahnya biaya kepemilikan dan meningkatnya pengembalian keuntungan (return on investments)dan menghemat sumber daya. Tablet ini didukung prosesor Intel generasi keempat terbaru, Core  i5 vPro, memberikan performa kelas perusahaan dengan perangkat keras unik dilengkapi dengan fitur keamanan, kemampuan pengelolaan jarak jauh dan kapabilitas yang dirancang untuk meningkatkan produktivitas pengguna serta proteksi data. Prosesor model Intel Celeron juga tersedia dengan harga tertentu.

Sementara itu baterainya bisa dicopot. Baterai diklaim bisa dipakai bekerja selama delapan jam. Yang menyenangkan pengisian ulang sampai 100% hanya perlu dua jam. Jika mau, kamu juga bisa menggunakan baterai dengan kemampuan 16 jam, atau baterai penjembatan pertukaran panas agar kamu bisa menukar baterai tanpa mematikan tablet.

 

 

SPESIFIKASI Panasonic ToughPad FZ-M1

Prosesor: Intel Core i5 vPro generasi keempat terbaru atau Intel Celeron

Sistem opeasi: Windows 8.1 Pro 64-bit (bisa downgrade ke Windows 7 Professional)

Ketahanan: MIL-STD-810G,  IP65, desain tanpa kipas.

Layar: 7’’ daylight viewable WXGA display (1280×800); sensitivitas tinggi, 10 titik sentuh

Penyimpanan & Memori: 128GB SSD (tersedia pilihan 256GB) dengan RAM 4GB (Intel Core i5 vPro) atau hingga 128GB eMMC dengan RAM 2GB (prosesor Intel Celeron)

Konektivitas & I/O: Intel Centrino Advanced-N 6235 Wi-Fi 802.11 a/b/g/n, Bluetooth v4.0 (Class 1), USB 3.0, micro SDXC card slot, docking connector. GPS; Ethernet atau serial port; near field communications (NFC), SmartCard reader, barcode, UHF radio-frequency identification (RFID), atau magnetic stripe reader.

Kamera: Kamera depan 720P terpasang dengan mikrofon; kamera 5MP dengan auto fokus dan lampu LED (pilihan 8MP tersedia)

Keamanan: Fitur keamanan kelas perusahaan, yakni enkripsi, IPsec VPN, trusted boot, root protection dan alat kompatibilitas mobile device management (MDM)

Bobot dan ketebalan: 540gr, 0.7” (tergantung pilihan)

Baterai: 8 jam (uji MobileMark 2007); ada pilihan baterai penjembatan pertukaran panas dan baterai berkapasitas tinggi (16 jam)

Garansi: 3 tahun

Wiwiek Juwono

Senior Editor di InfoKomputer dan PCplus. Memiliki spesialisasi di penulisan fitur, berita, serta pengujian gadget dan asesori komputer

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.