Seagate Beli Bisnis Flash LSI dari Avago

seagate sandforceJAKARTA, PCplus – Seagate Technology rupanya ingin cepat membesarkan bisnis storage flash-nya. Perusahaan storage ini tak lagi mau berkutat melulu di hard drive.

Cara cepatnya pun ditempuh, yakni mengakuisisi bisnis storage flash LSI dari Avago Technologies. Dengan nilai tunai akuisisi US$ 450 juta, Seagate akan mendapatkan LSI Accelerated Solutions Division (ASD), yang membentuk produk kelas enterprise dengan antarmuka PCIe, dan Flash Components Division (FCD), terkenal sebagai jajaran controller SandForce untuk komponen flash high-volume.

Transaksi ini diperkirakan Seagate akan selesai pada kuartal ketiga tahun ini. Belum lama ini, Avago yang berbasis di Singapura menyelesaikan pembelian LSI seharga US$ 6,6 miliar, yang membuat komponen jaringan wired dan wireless, juga teknologi storage.

Controller seperti jajaran SandForce dari LSI, memainkan peran besar dalam menunjang kinerja dan kehandalan pada komponen flash. Menurut analis Forrester Research Henry Baltazar, Seagate memang harus bergerak ke flash karena virtualisasi dan mobile computing telah menjadikan solid state disk (SSD) sebagai bagian besar dari storage. “Masa depannya adalah di flash, untuk storage yang besar,” kata Baltazar. Pengecualian adalah untuk storage murah dan dalam yang lebih jarang dipakai. Untuk yang ini, hard disk akan tetap dipakai.

Akuisisi LSI dari Avago ini memerkuat posisi Seagate dalam storage flash. Desember lalu, Seagate sudah mengakuisisi Xyratex, yang membangun sistem kustom bagi lingkungan kinerja-tinggi.

Sementara itu saingan Seagate, yakni Western Digital tak tinggal diam. Perusahaan ini mencaplok vendor SSD enterprise Virident September lalu dengan nilai US$ 685 juta.

Wiwiek Juwono

Senior Editor di InfoKomputer dan PCplus. Memiliki spesialisasi di penulisan fitur, berita, serta pengujian gadget dan asesori komputer

Leave a Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: