ZTE Nubia Z5S Mini : Antarmuka Beda, Performa Gegas

Antarmuka ZTE Nubia Z5S Mini

Antarmuka ZTE Nubia Z5S Mini

ZTE mencoba menghadirkan antarmuka yang berbeda dari vendor ponsel Android lainnya. Seperti HTC yang punya Sense dan Samsung dengan Touch Wiz-nya, ZTE memperkenalkan Nubia UI untuk antarmuka mereka. Serupa dengan Lenovo, antarmuka ini hadir tanpa daftar aplikasi. Jadi, semua aplikasi yang kamu unduh langsung ditempatkan di home screen. Persis seperti yang dilakukan Apple pada iOS mereka. Jadi, kamu mesti mengelompokkan sendiri aplikasi-aplikasi yang ada untuk memudahkan pencarian.

Kamu pun bisa menambah-kurang jumlah home screen yang tampil. Kamu juga bisa menentukan home screen utama. Kemiripan lain dengan antarmuka iOS adalah adanya bar khusus di bagian bawah untuk menjangkau aplikasi yang sering kamu gunakan. Cara untuk menghapus aplikasi pun serupa dengan iOS. Tekan aplikasi beberapa saat, maka ikon pun akan bergoyang-goyang dengan tanda X di pojok kanan atas. Sentuh tombol X ini, maka aplikasi pun akan menghilang.

Antarmuka ZTE Nubia Z5S Mini untuk menghapus aplikasi yang mirip dengan iOS

Antarmuka ZTE Nubia Z5S Mini untuk menghapus aplikasi yang mirip dengan iOS

Sayangnya, saat kamu hendak menangkap layar (screen shot) kamu perlu usaha ekstra. Sebab, kombinasi power+volume down harus diaktifkan dulu lewat tombol cepat. Cara lain untuk menangkap layar adalah dengan gestur tiga jari yang digerakkan dari atas ke bawah layar. Fitur ini pun harus diaktifkan terlebih dulu. Tapi lebih praktis menggunakan cara tradisional ketimbang gestur. Sebab, seringkali layar tak presisi membaca gestur tiga jari untuk menangkap layar.

Keyboard Nubia menyenangkan karena adanya fungsi slide keyboard. Prediksi kata pada keyboard slide ini cukup presisi. Sehingga kita tak perlu banyak sentuh untuk memperbaiki kata yang ingin di tulis. Pun ketika kita typo dan tidak menyentuh semua huruf yang tepat, prediksi katanya cukup cerdas untuk mengetahui kata yang ingin kita buat. Selain itu, cukup mudah dan cepat pula untuk menambahkan kata baru. Untuk menambahkan symbol juga cukup mudah karena kamu cukup menyeret ke bawah tombol yang berisi simbol. Otomatis simbol seperti titik atau koma langsung terpampang. Praktis dan mendukung kamu yang gemar mengetik cepat.

Spesifikasi

Hasil benchmark Antutu

Hasil benchmark Antutu

ZTE Nubia memiliki prosesor Qualcomm APQ8064 Snapdragon 600 Quad-core 1.7 GHz Krait 300. Untuk memori, Nubia Z5s mini dilengkapi dengan 16 GB ROM dan 2 GB RAM. Pengujian menggunakan Antutu ponsel dengan Android versi 4.2.2 (Jelly Bean) ini mendapat nilai 25744. Berhasil mengungguli HTC One, Samsung Galaxy Note 2, dan Galaxy S3. Namun performanya dibawah Galaxy S4 dan LG G2.

Review ZTE Nubia Z5S Mini
ZTE Nubia Z5S Mini : Bodi Tipis, Layar Menawan
ZTE Nubia Z5S Mini : Lensa Mumpuni Plus Fitur Kamera Asyik

Tanggapan Kamu

komentar