Dibalik Pengisi Baterai Cepat, VOOC Rapid Charge Oppo

Oppo Find 7 dan 7a bisa mengisi penuh baterai hanya satu jam saja. dok. fonearena.com
Oppo Find 7 dan 7a bisa mengisi penuh baterai hanya satu jam saja. dok. fonearena.com

Jakarta, PCplus – Dalam konferensi pers menjelang waktu berbuka puasa, Oppo menjelaskan mengenai VOOC rapid charge technology yang disandang oleh varian Oppo Find 7 dan 7a terbaru miliknya.  Ini adalah teknologi pengisian baterai yang lebih cepat dari charger biasa. Dengan adanya teknologi ini, pengisian baterai selama 5 menit digadang-gadang Oppo bisa digunakan untuk menelpon selama dua jam. Sementara pengisian selama 10 menit bisa mengisi baterai hingga 25%. Isi selama 30 menit, baterai terisi 75%. . Tambahkan 15 menit lagi dan baterai terisi 90%. Perlu sekitar satu jam untuk membuatnya terisi 100%.

Teknololgi VOOC rapid charge yang telah memiliki 16 hak paten. Maka tak heran jika banyak yang berbeda dengan charger cepat milik Oppo ini. Pengisian cepat ini dimungkinkan karena Oppo menggunakan charger khusus. Hanya dengan charger miliknya inilah pengisian cepat dapat dilakukan. Charger ini punya bentuk yang lebih besar dari ukuran charger smartphone lainnya. Didalam charger ini ditanam MCU smartchip untuk mengatur arus. Disertakan juga teknologi yang Oppo sebut voltage open loop dan multi-step constant current charging.

Kalau kamu perhatikan untuk mengisi baterai ini hingga penuh perlu waktu lebih lama ketimbang setengah jam pertama pengisian baterai. Ini merupakan kerja dari chip MCU yang mereduksi voltase pengisian baterai dari 4500mAH, ke 3500mAH, 2000mAH, 1000mAH dan terus berkurang hingga baterai terisi 100%. Ini dilakukan untuk memastikan pengisian baterai berlangsung aman dan stabil. Sehingga proses pengisian baterai tidak menimbulkan arus pendek yang bisa menyebabkan meledaknya ponsel kamu.

Charger khusus dan pin khusus yang memastikan VOOC Rapid Charge Oppo berlangsung aman. dok. LowyatTV
Charger khusus dan pin khusus yang memastikan VOOC Rapid Charge Oppo berlangsung aman. dok. LowyatTV

VOOC Rapid Charge juga menggunakan lima lapis pengaman. Mengapa pengamannya begitu banyak? Karena semakin cepat dan besar daya yang dimasukkan ke dalam baterai, ada resiko overheating baik dari charger, kabel, perangkat, atau baterai itu sendiri. Untuk menjamin keamanan saat pengisian, Oppo menaruh dua pengaman panas di dalam charger, pada kabel, pada ponsel, hingga pada baterai yang diisi.

Pengaman ini berguna untuk mencegah terjadinya arus pendek saat ponsel diisi dengan sangat cepat. Saat charger dihubungkan dengan arus AC, terdapat IC dan chip MOS mengidentifikasi jika terdapat kelebihan arus didalam charger. Chip MCU akan mengidentifikasi apakan perangkat yang dihubungkan dengan charger mendukung fast charging atau tidak. Kalau mendukung, maka VOOC Rapid Charge akan berjalanl. Kalau ponselmu tidak mendukung teknologi ini, jangan harap pengisian ponsel akan secepat yang terjadi pada Oppo Find 7/7a, ya.

Perbedaan lain terletak pada kabel micro USB charger ini. Meski menggunakan port micro usb yang sama dengan kebanyakan charger, Oppo menggunakan pin yang lebih banyak pada kabel microUSB-nya. Jika micro USB biasa menggunakan 5 pin, Oppo menggunakan kabel micro USB 7 pin.

Pin yang berlebih ini fungsinya untuk mengaktifkan pengaman arus listrik lapis ketiga di dalam perangkat ponsel. Pengaman kelima ditaruh didalam baterai untuk memastikan baterai tidak mengalami kelebihan arus dan voltase listrik. Oppo juga menambahkan pengaman kelima, sekering di dalam baterai. Untuk langsung memutus arus begitu baterai teridentifikasi bermasalah.

Cek link Youtube ini untuk melihat videonya.

Eka Santhika

Travelling di dunia digital dan dunia nyata ^^

Leave a Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: