Refresh dan Reset di Windows 8/8.1 Tanpa DVD atau Flashdisk

ilustrasi

Proses refresh dan reset yang PCplus tunjukkan sebelumnya, membutuhkan membutuhkan media instalasi Windows 8/8.1 (DVD atau flashdisk) guna mendukung proses tersebut. Proses ini memang agak merepotkan, apalagi jika media tersebut hilang atau sedang tidak ada ditempat. Daripada repot-repot, kamu bisa mengambil data pada media instalasi dan menyimpannya di hard disk. Untuk itu dibutuhkan beberapa langkah agar saat Refresh atau Reset, sistem tidak akan meminta untuk menggunakan media instalasi lagi. Berikut langkahnya:

Langkah 1:
Jelajah ke drive dimana terdapat instalasi Windows 8. Cari file install.wim pada folder sources dan copy ke folder baru pada hard disk di drive C.

enam

Langkah 2:
Jalankan command prompt. Jika Anda berada pada tampilan desktop, arahkan mouse ke kiri pojok bawah dan klik kanan dan pilih Command Prompt (Admin). Jika berada pada tampilan Modern UI, langsung saja ketikkan command prompt dan jalankan pada aplikasi yang tampil.

tujuh

Langkah 3:
Ketikkan perintah memanfaatkan file reagentc.exepada Windows. Jika Anda menempatkan file install.win tadi di c:/Backup maka perintah yang mesti Anda ketikkan yaitu reagentc.exe /setosimage /path C:\Backup /target C:\Windows /Index 1. Jika berhasil maka akan tampil konfirmasi seperti pada gambar. Setelah selesai ketik exit untuk keluar. Kini Anda bisa melakukan Refresh atau Reset tanpa perlu memasukkan/menggunakan media instalasi seperti DVD atau flashdisk.

08-delapan

Dayu Akbar

Penulis PCplus dengan spesialisasi review produk dan tutorial. Menyukai hentakan musik metal dan makan enak.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.