Screen-Stacking, Cara Baru Nonton TV

screen stackingJAKARTA, PCplus – Apakah kehadiran perangkat mobile yang mampu menyuguhkan video on-the-go menggeser peran TV? Ternyata tidak. TV tetap ditonton. Tigaperempat pengguna Internet di dunia tetap setia nonton TV setiap hari loh. Cuma kebiasaan nonton TV ini telah diduakan. TV sekarang ditonton secara screen stacking, alias ditonton saat memakai perangkat digital lain. Begitu menurut riset global TNS.

Saat meriset lebih dari 55.000 pengguna internet di seluruh dunia, TNS mendapatkan 48% responden yang menonton TV pada malam hari secara bersamaan juga menggunakan perangkat digital lain, misalnya berinteraksi di sosial media, mengecek e-mailatau belanja online. Tren ini juga terjadi di Indonesia, dengan 38% responden melakukan ‘screen stacking’ atau multi-screening ketika menonton TV.

Survei TNS juga mengungkap, setiap orang rata-rata punya empat perangkat digital. Orang Indonesia punya 2 – 3 perangkat digital. Orang Australia, Jerman dan Inggris punya lebih banyak, yakni lima perangkat digital. Kebutuhan akan TV dan konten video on-the-goinilah yang mendorong meningkatnya multi-screening’ atau screen-stacking’.

Pergelaran Piala Dunia FIFA beberapa minggu terakhir ini juga membuktikan makin maraknya kebiasaan screen stacking.  Menurut Joe Webb (Head of Digital, TNS Asia Pasifik), di seluruh dunia orang menonton pertandingan itu melalui beragam cara di berbagai perangkat digital: TV, tablet atau telepon genggam, sembari berinteraksi di berbagai kegiatan sosial media.

Yang menarik, kebiasaan nonton TV online via PC, laptop, tablet atau ponsel dilakukan oleh 25% responden di dunia. Kebiasaan ini populer di Tiongkok dan Singapura (33%) serta Hongkong (32%) . Namun di Indonesia, hanya 6% responden yang menonton TV secara online.

Kendati begitu, TV tradisional masih sangat diminati. Sebanyak 75% responden di seluruh dunia melakukannya.  Di tanah air, 93% masyarakat nonton TV, dan 78% melakukannya sambil makan di malam hari.

Wiwiek Juwono

Senior Editor di InfoKomputer dan PCplus. Memiliki spesialisasi di penulisan fitur, berita, serta pengujian gadget dan asesori komputer

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.