Facebook Rilis App yang Gratiskan Koneksi Data

internet orgJAKARTA, PCplus – Jejaring sosial Facebook menjalin kerjasama dengan operator Airtel di Zambia untuk memberikan app Internet.org. Dengan app ini, para pelanggannya di daerah-daerah pedalaman tak perlu bayar langganan data saat mengakses Facebook.

Internet.org ini, kata Facebook, juga akan dirilis di daerah-daerah lain. “Lebih dari 85% penduduk dunia tinggal di area-area yang dicakup selular, tapi hanya sekitar 30% dari seluruh penduduk yang mengakses internet,” kata Guy Rosen (Product Management Director, Facebook). Ia mengatakan Internet.org merupakan reaksi dari buruknya cakupan layanan internet di area-area tertentu dan juga menjadi cara untuk mendorong pemakaian internet.

“Keterjangkauan dan kepedulian menjadi penghalang adopsi internet bagi banyak orang dan hari ini dengan menyediakan layanan basic yang gratis kami mengenalkan app Internet.org untuk membuat internet bisa diakses lebih banyak orang. Dengan app ini, orang bisa menjelajahi layanan-layanan informasi kesehatan, tenaga kerja dan lokal tanpa tagihan layanan data, Dengan menyediakan layanan basic yang gratis via app, kami berharap membawa lebih banyak orang online dan membantu mereka menemukan layanan-layanan yang berharga yang mungkin tadinya tidak bisa mereka dapatkan.”

App Internet.org tersedia hanya untuk perangkat Android. App tersebut akan menyediakan akses mudah dan gratis ke situs-situs, termasuk Facebook, Wikipedia dan Google Search maupun halaman-halaman informasi yang terkait kesehatan, cuaca, berita dan kelompok hak asasi.

“App Internet.org awalnya akan tersedia untuk para pelanggan Airtel di Zambia dan kami akan terus mengembangkan experience dan merilisnya ke bagian-bagian lain dunia,” kata Rosen.

Internet.org terbentuk dari Facebook dan enam perusahaan ponsel, antara lain Samsung, Nokia dan Opera.

Wiwiek Juwono

Senior Editor di InfoKomputer dan PCplus. Memiliki spesialisasi di penulisan fitur, berita, serta pengujian gadget dan asesori komputer

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.